Pemkot Tanjungpinang siap cairkan BLT Juni 2020

id Pemkot Tanjungpinang,cairkan,BLT, Juni 2020

Pemkot Tanjungpinang siap cairkan BLT Juni 2020

Sekda Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari. (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan kesiapan mencairkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat tidak mampu pada Juni 2020.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Tanjungpinang Teguh Ahmad Syafari di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan BLT tidak diberikan pada bulan ini agar penggunaannya tepat sasaran.

Lagi pula, menurut dia, Pemkot Tanjungpinang berhati-hati dalam pendataan hingga penyaluran BLT tersebut agar tepat sasaran dan tepat guna.

Jumlah penerima BLT mencapai 35 ribu keluarga sehingga sistem penyaluran dan pelaksanaannya harus terukur sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

"Tidak semua warga memiliki rekening bank sehingga secara teknis pemerintah perlu mengambil langkah-langkah komprehensif agar tepat sasaran dan tidak menimbulkan permasalahan," ujarnya.

Ia menyebut nilai BLT yang disalurkan cukup besar. Satu keluarga memperoleh Rp1,8 juta dengan rincian Rp600.000/bulan. Dana tersebut bersumber dari pemerintah pusat.

Jumlah penerima BLT lebih dari 50 persen dari total jumlah keluarga di Tanjungpinang. Pendataan keluarga penerima BLT maupun sembako yang akan dibagikan 26 Mei 2020 itu dilakukan oleh pengurus rukun tetangga (RT).

Data itu, kata dia, semestinya akurat karena RT yang lebih memahami kondisi masyarakat. Pihak RT juga menandatangani berita acara pendataan warga kurang mampu sehingga dapat dipertanggungjawabkan.

Masyarakat diharapkan menggunakan dana tersebut secara maksimal, terutama untuk menutupi kebutuhan pokok sehari-hari.

"Kami berharap dana itu digunakan untuk menutupi kebutuhan penting dalam keluarga, bukan untuk lainnya," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE