58 kru kapal ikan periksa kesehatan cegah COVID-19 di Karimun

id COVID-19 ,Kapal ikan natuna

58 kru kapal ikan periksa kesehatan cegah COVID-19 di Karimun

Petugas medis memeriksa kesehatan kru lima kapal ikan yang kembali dari Natuna, saat kapal mereka lego jangkar di perairan Baran, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Sabtu (30/5). ANTARA/HO-dokumentasi pribadi

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Sebanyak 58 kru dan nakhoda lima kapal penangkap ikan asal Natuna diperiksa kesehatannya untuk mencegah penyebaran wabah COVID-19 di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu.

"Mereka menjalani rapid test di atas kapal,," kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Karimun Ahmadi usai pemeriksaan terhadap kru kapal ikan tersebut.

Ahmadi mengatakan lima kapal ikan tersebut baru pulang dari Natuna dan lego jangkar di perairan Baran, Kecamatan Meral, Sabtu. 

Kelima kapal ikan tersebut masing-masing KM. Cipta Indah. GT. 29, KM. Sentosa Indah. GT. 30, KM. Udang Sari-4. GT. 75, KM. Cahaya Indah. GT. 30 dan KM. Dedi Jaya-4. GT. 66.

"Hasil rapid test semuanya negatif atau tidak ada yang reaktif. Mereka juga tidak ada mengalami gejala COVID-19, suhu tubuh tidak ada yang sampai 38, rata-rata 36 derajat celsius," ucap Ahmadi.

Namun demikian, Ahmadi meminta kepada seluruh ABK tidak bepergian keluar Karimun demi kesehatan masing-masing. Dia juga menekankan tentang pentingnya selalu menggunakan masker dan menjaga kebersihan, apabila mengalami batuk, demam dan gelaja lainnya agar segera melapor ke Puskesmas terdekat. 

Ahmadi mengatakan pemeriksaan terhadap ABK kapal yang tiba di Karimun tetap diperketat dalam upaya mempertahankan nihil pasien positif COVID-19 di Karimun.

"Inilah yang akan kita upayakan agar tidak ada lagi kasus baru COVID-19 di Karimun. Karena itu, kami mengimbau kepada kapal-kapal ikan yang datang agar melapor untuk pemeriksaan kesehatan," tuturnya.

Pengecekan kesehatan terhadap ABK kapal ikan tersebut juga dihadiri Kapolsek Meral, Lurah Meral Kota, Kepala Puskesmas Meral, Babinsa dan Bhabinkamtibmas setempat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE