Provinsi Kepri raih opini WTP sepuluh kali beruntun

id WTP BPK

Provinsi Kepri raih opini WTP sepuluh kali beruntun

Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI atas laporan keuangan Pemprov Kepri anggaran 2019 kepada Plt. Gubernur dan Pimpinan DPRD Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Jumat (29/5). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-10 dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) tahun 2019.

Pengumuman WTP ini disampaikan dalam acara Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan BPK-RI atas laporan keuangan Pemprov Kepri anggaran 2019 kepada Plt Gubernur dan Pimpinan DPRD Provinsi Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Jumat (29/5).

Penyerahan berkas laporan diawali dengan penandatanganan serah terima yang dilakukan secara online (video conference) antara Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Plt Gubernur Kepri Isdianto, dengan Kepala BPK RI Wilayah Kepri Widhi Widayat.

"Pemeriksaan laporan keuangan adalah bagian rangkaian akhir dari rangkaian pemeriksaan. Hal ini guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di daerah," kata Kepala BPK RI Wilayah Kepri Widhi Widayat.

Menurutnya, tahun 2019 adalah tahun ke 5 BPK RI menerapkan akuntansi berbasis akurat. Tujuannya agar lebih komprehensif dalam menyampaikan hak, kewajiban, kekayaan, hasil kekayaan dan sebagainya.

Selain itu juga agar lebih transparan, akuntabel dan lebih bertanggungjawab atas penyelenggaraan keuangan.

"Dalam kesempatan ini, saya sampaikan bahwa Kepri kembali meraih WTP atas laporan keuangan tahun 2019. Dengan demikian sudah yang ke-10 kalinya Kepri mempertahankan WTP-nya sejak tahun 2010," ujar dia.

Widhi juga menyarankan agar capaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi. Pemprov Kepri pun diimbau untuk tidak hanya terpaku dengan mengejar opini WTP saja, tapi harus meningkatkan kinerja dengan lebih akuntabel dan bertanggungjawab.

"Saran saya agar pencapaian ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan. Kami juga akan meningkatkan terus kualitas pemeriksaan serta menjaga independensi dalam bekerja. Pemerintah jangan hanya mengejar WTP, tapi bekerjalah secara efesien dan efektif," tuturnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto memberi apresiasi kepada seluruh staf di satuan kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya tim anggaran yang sudah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan. Dia berharap seluruh OPD terus meningkatkan kinerjanya.

"Kami bersyukur tahun ini kita kembali mendapatkan predikat WTP dari BPK. Semoga untuk tahun ini serta penganggaran tahun-tahun mendatang kita dapat mempertahankan pencapaian seperti saat ini," ungkapnya.

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak mengatakan jika pencapaian WTP ke-10 ini patut diapresiasi. Namun jumaga juga mengingatkan Plt Gubernur agar mengingatkan OPD terkait untuk segera menindaklanjuti saran BPK RI demi pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE