Dinkes: 11 orang kontak Pasien 27 di Tanjungpinang negatif COVID-19

id 11 orang, kontak dengan,Pasien 27 Tanjungpinang,negatif

Dinkes: 11 orang kontak Pasien 27 di Tanjungpinang negatif COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam. (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau menyatakan 11 di antara 12 orang yang pernah kontak erat dengan NU, Pasien Nomor 27 di daerah itu, dinyatakan negatif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan metode PCR.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam di Tanjungpinang, Kamis, mengatakan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan swab terhadap seorang perempuan yang pernah kontak erat dengan Pasien Nomor 27 tersebut.

Pemeriksaan swab terhadap perempuan itu dilakukan di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam, sama seperti yang lainnya.

"Kami juga masih menelusuri Pasien Nomor 27 itu tertular dari siapa," katanya.

Rustam menjelaskan jumlah pasien positif COVID-19 di Tanjungpinang 27 orang, di mana 20 di antaranya sudah dinyatakan sembuh, sedangkan tiga lainnya meninggal dunia.

Saat ini, tim medis masih merawat empat pasien COVID-19, tiga di antaranya dirawat di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepri), sedangkan satu lainnya menjalani karantina mandiri, namun dalam pengawasan tim medis

"Pasien tersebut dalam kondisi baik," ujarnya.

Berdasarkan data ANTARA, salah satu pasien positif COVID-19, yakni Ju, istri dari Syahrul (almarhum), mantan Wali Kota Tanjungpinang. Ju diduga tertular dari suaminya, sedangkan cucu Ju dan Syahrul dan dokter pribadi mereka sudah pulih.

Syahrul meninggal dunia pada 28 April 2020 saat dirawat secara intensif di RSUP Kepri. Jasadnya dikebumikan sesuai protokol kesehatan dalam penanganan pasien COVID-19.

"Jumlah pasien yang meninggal disebabkan COVID-19 di Tanjungpinang tiga orang," ucapnya.

Rustam mengatakan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 218 orang, di mana 209 orang selesai pemantauan, sedangkan jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) 92 orang, di mana 89 orang selesai pengawasan.

"PDP yang diawasi di rumah sakit sebanyak tiga orang," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE