Pilkada 2020 KPU Kepri tentukan 3.688 TPS

id Jumlah TPS,kpu kepri, pilkada serentak 2020

Pilkada 2020 KPU Kepri tentukan 3.688 TPS

Komisoner KPU Kepri Priyo Handoko (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Provinsi Kepulauan Riau mencapai 3.688 berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan KPU kabupaten dan kota di wilayah itu.

Komisioner KPU Kepri Priyo Handoko, di Tanjungpinang, Sabtu, mengatakan, simulasi dilakukan untuk memastikan berapa jumlah TPS setelah ada kebijakan baru mengenai jumlah maksimal pada masing-masing TPS.

Berdasarkan kesepakatan KPU RI dan Komisi II DPR, jumlah maksimal pemilih pada setiap TPS tidak melebihi 500 orang untuk mencegah kerumunan pemilih di TPS. Kebijakan itu diberlakukan untuk mencegah penularan COVID-19 kepada pemilih maupun petugas di TPS.

KPU Kepri sebelum pandemi COVID-19 memperkirakan jumlah TPS di wilayah itu mencapai 3402. Jumlah TPS itu diperkirakan berdasarkan jumlah maksimal pemilih pada setiap TPS sebanyak 800 orang.

"Kami sudah melaksanakan rapat dengan KPU kabupaten dan kota secara daring untuk memastikan berapa jumlah TPS. Setelah dilakukan simulasi, ternyata bertambah 186 TPS," ujarnya.

Priyo mengemukakan penambahan jumlah TPS akan mempengaruhi kebutuhan anggaran pilkada. Perubahan anggaran itu antara lain meliputi pemberian honor kepada 9 orang petugas di TPS, biaya pembentukan TPS, sampai logistik.

Karena TPS bertambah otomatis perlu tambahan bilik suara, tambahan kotak suara, dan perlengkapan lainnya.

"Belum lagi soal kebutuhan APD dan hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19," tuturnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE