Kemendagri: Bulog akan bantu KPU distribusikan logistik Pilkada

id Kemendagri, KPU, Bulog, distribusi, logistik Pilkada

Kemendagri: Bulog akan bantu KPU distribusikan logistik Pilkada

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Akmal Malik (kiri) bertukar cinderamata dengan Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi (kanan) di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (16/6/2020). (ANTARA/HO-Humas Kemendagri)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyebutkan, Perum Badan Usaha Logistik (Bulog) siap membantu KPU dalam mendistribusikan logistik Pilkada serentak yang rencananya akan digelar 9 Desember 2020.

"Bulog dinilai memiliki kapasitas dalam mendukung distribusi seluruh peralatan pilkada di berbagai daerah. Jajaran perum Bulog juga siap bersinergi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam pelaksanaan teknis distribusi peralatan pilkada di lapangan," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri), Akmal Malik dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu.

Menurut Akmal, dirinya sempat menggelar pertemuan dengan Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi di kantor Ditjen Otda Kemendagri pada Selasa (16/6).



Pihak Bulog, kata dia, siap jika dipercaya KPU untuk ikut mendistribusikan logistik atau perlengkapan pendukung pilkada.

"Intinya Bulog dan seluruh jajarannya, siap mendukung dan menyukseskan program pilkada pada 9 Desember nanti. Bulog akan memanfaatkan pergudangan dan kekuatan distribusinya di seluruh tanah air," kata Akmal.

Kemendagri pun menyambut baik niat Bulog tersebut, namun untuk urusan logistik pilkada, sepenuhnya itu adalah otoritas penyelenggara.

"Pemerintah tidak ikut campur, terkait siapa nanti yang dipercaya komisi pemilihan untuk mendistribusikan logistik dan perlengkapan pilkada. Itu sepenuhnya kewenangan KPU," kata Akmal.

Direktur Pengadaan Bulog, Mayjend TNI (Purn) Wibisono Poespitohadi, mengatakan, selama ini pihaknya telah mendistribusikan bantuan COVID-19 sekitar 3 juta lokasi yang bersifat "door to door".

Sehingga, apabila dalam kegiatan pilkada ini Bulog dilibatkan secara penuh, kemungkinan tidak begitu sulit untuk mendukung pilkada.

"Bagi Bulog tidak sulit, karena saat ini juga sudah distribusikan bantuan COVID-19 sekitar 3 juta titik sumbangan 'door to door'," ujar Wibisono.

Bila Perum Bulog dipercaya Komisi Pemilihan Umum (KPU), kata dia, maka distribusi perlengkapan pemilu, surat suara, Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan dan lain lainnya diharapkan berjalan optimal.

"Apabila dukungan ini terealisasi, dan pilkada berjalan sukses, sehingga bisa membuktikan pada dunia bahwa negara indonesia mampu dengan baik menjalankan hajat demokrasi pilkada," ujarnya.

Menurut Wibisono, selama ini keberadaan gudang Bulog merupakan obyek vital nasional, sehingga diharapkan proses pendistribusian perlengkapan pilkada berjalan aman.

"Insya allah aman dari gangguan dan yang paling penting mampu mewujudkan sinergi antar pelaksana negara dengan baik," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE