Kampung Tangguh dukung tugas pemerintah atasi pandemi

id Kampung tangguh payakumbuh,Irwan Prayitno

Kampung Tangguh  dukung tugas pemerintah atasi pandemi

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Hermanto dan Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada mengunjungi Kampung Tangguh Payakumbuh, Sumatera Barat. (ANTARA/ HO-Polri)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno  mendukung pelaksanaan program Kampung Tangguh Payakumbuh karena program tersebut sangat mendukung tugas pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19.

"Kami akan rapatkan dan diskusikan dengan Kapolda Sumbar dan Danrem. Sebagai bentuk apresiasi dari Pemprov, kami akan support dan motivasi Kampung Tangguh Payakumbuh ini sehingga dapat memotivasi daerah-daerah lain di Sumbar untuk melahirkan Kampung Tangguh serupa lainnya. Kami jadikan role model di Sumbar bahkan di nasional, ini layak," kata Irwan Prayitno melalui siaran pers, di Jakarta, Kamis (18/6).

Hal itu dikatakannya usai mengunjungi Kampung Tangguh Payakumbuh bersama dengan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol Toni Hermanto dan Danrem 032 Wirabraja Brigjen TNI Arief Gajah Mada.

Dalam kunjungan ini, tiga tokoh Forkompimda Sumbar itu mengecek Kampung Tangguh yang didirikan khusus penanganan dan pengendalian COVID-19.

Ada tiga Kampung Tangguh di Payakumbuh. Pertama ada di Kelurahan Limbukan di Payakumbuh Selatan, lalu Kelurahan Payobasuang di Payakumbuh Timur serta Kelurahan Koto Panjang Padang dan Koto Panjang Dalam di Nagari Koto Panjang, Kecamatan Latina.

Usai mengecek Kampung Tangguh, rombongan kapolda, gubernur serta danrem juga meninjau standar pelayanan maupun protokol kesehatan di gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Pelayanan Kepolisian Dalam Satu Atap dalam rangka pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK).

Kapolda juga meresmikan Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh yang merupakan program Polri peduli ketahanan pangan.

Taman Pangan Terpadu adalah lahan yang mengintegrasikan pertanian, perikanan dan peternakan dalam satu tempat.

Dalam rangkaian kegiatan itu juga dilakukan pembagian paket sembako secara simbolis oleh kapolda. Sembako ini adalah hasil ketahanan pangan Polres Payakumbuh dan diberikan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Sembako yang disiapkan sebanyak 100 paket. Masing-masing paket terdiri dari beras lima kilogram, jeruk, telur ayam, telur itik, cabai, terong, ubi, dan tomat," kata Kapolda Sumatera Barat Irjen Toni Hermanto.

Pada kesempatan ini juga dibagikan bantuan alat pelindung diri (APD) untuk mencegah virus corona.

Sementara Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan Kampung Tangguh COVID-19 Perumnas Kubang Gajah di Limbukan, Payakumbuh Selatan, dijadikan role model adaptasi menuju tatanan normal baru di Payakumbuh.

"Kampung Tangguh ini telah berhasil mencegah penularan COVID-19, mampu mendisiplinkan warga, mengatasi dampak sosial dan ekonomi bahkan telah berhasil menurunkan angka kejahatan karena posko ini bekerja 1×24 jam," ujar AKBP Dony.

Kampung Tangguh tersebut didirikan sejak akhir Maret 2020 secara swadaya oleh warga Perumnas Kubang Gajah.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar