Mahasiswa KKN UR bantu pelaksanaan rapid test di Belakang Padang

id Tim KKN UNRI di Batam Bantu Pelaksanaan Rapid Test

Mahasiswa KKN UR bantu pelaksanaan rapid test di Belakang Padang

Pelaksanaan rapid test di Belakang Padang yang dibantu oleh tim KKN Universitas Riau. (Nurjali / Tim KKN UNRI)

Apabila mengalami keluhan, segera hubungi pihak Puskesmas
Batam (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Riau (UR) yang  sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  di Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam, ikut berperan dalam pencegahan penyebaran COVID-19 dengan aktif menjadi relawan dalam  pelaksanaan rapid test di daerah tersebut.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peran mahasiswa dalam aksi pencegahan penyebaran COVID-19," ujar Ode Asra selaku Ketua Tim KKN Relawan COVID-19, kepada Antara, Minggu.

Sementara itu Camat Belakang Padang Yudi Admajianto, menyampaikan bahwa rapid test merupakan arahan dari Walikota Batam sebagai kegiatan preventif lebih awal. Sehingga apabila ditemukan individu yang reaktif, maka akan ditindaklanjuti. 

"Semakin cepat tau, semakin cepat ditangani," ujarnya.

Selain itu dirinya juga menyampaikan bahwa, pemerintah kecamatan menghimbau kepada masyarakat Belakang Padang, agar jangan terlena dengan status daerah zona hijau, dan tetap laksanakan protokol kesehatan. 

"Apabila mengalami keluhan, segera hubungi pihak Puskesmas," jelasnya.

Ikut tergabung dalam tim tersebut antara lain TNI, Polsek, Babinsa, tim Relawan Pemuda, tim KKN Relawan UR, serta 10 orang anggota medis yang terdiri dari dokter, bidan, dan perawat.

Pemeriksaan ini diadakan secara gratis dengan sasaran utama masyarakat Belakang Padang yang berada di pasar. Adapun alat rapid test yang disediakan berjumlah 100 dan apabila kurang, maka rapid test akan diadakan lagi.

"Sesuai prosedur apabila ditemukan individu yang reaktif, maka akan di periksa ulang pada hari ke-10. Sementara itu individu tersebut harus isolasi mandiri dulu. Apabila pada hari ke-10 masih reaktif juga, maka akan diadakan swab test," sebut dr. Sri Fetra Netti selaku Kepala Puskesmas sekaligus Kepala Gugus COVID-19 Kecamatan Belakang Padang.

Penyisiran dan pengadaan rapid test ini telah dilakukan dari bulan Maret lalu ke pulau-pulau yang termasuk dalam Kecamatan Belakang Padang, yaitu Pulau Kepala Jeri dan Pulau Kasu. Kedepannya, akan diadakan rapid test di Pulau Pecong dan Pulau Terong.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar