TKA RRT yang bekerja di kawasan industri Batam positif COVID-19

id tka positif covid, tka china,batam,positif

TKA RRT  yang bekerja di kawasan industri Batam positif COVID-19

Data Tim Gugus Tugas Batam tentang COVID-19

Batam (ANTARA) - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kepri Muhammad Rudi mengatakan seorang tenaga kerja asing asal RRT berusia 34 tahun dinyatakan positif COVID-19.

"Seorang laki-laki, TKA perusahaan di Kawasan Kabil, beralamat di mess perusahaan yang terletak di kawasan Kabil Jalan Raya Telaga Punggur Kecamatan Nongsa merupakan kasus baru COVID-19 nomor 204 Kota Batam," kata dia, Sabtu.

TKA itu bekerja di pabrik plastik di Kawasan Industri Kabil dan sudah tinggal di lokasi tersebut sejak awal bulan Februari 2020.

Rudi menyatakan, warga RRT itu mengeluh demam dan batuk, kemudian berobat di rumah sakit swasta di Kecamatan Batam Kota.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter, harus dilakukan perawatan. Namun menolak dan meminta untuk pengobatan rawat jalan saja," kata Rudi dalam keterangan tertulis.

Tim medis mengedukasinya untuk isolasi mandiri.

Kemudian pada 15 Juni 2020, TKA itu melakukan pemeriksaan swab tenggorokan secara mandiri yang hasilnya positif.

Rudi menjelaskan, TKA itu mengaku selama bekerja di Kota Batam, lebih sering tinggal dalam mess perusahaan, dalam kawasan pabrik tempatnya bekerja.

"Dan relatif tidak pernah ada pergi ke tempat-tempat lain," kata dia.

Kondisi yang bersangkutan relatif stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini sudah dalam perawatan isolasi/karantina guna penanganan kesehatannya di rumah sakit rujukan RSKI COVID-19 Galang.

Sementara itu, hingga Sabtu tercatat 208 warga positif COVID-19 di Batam, yang terdiri dari warga negara asing, warga daerah lain juga penduduk Batam. Sebanyak 124 orang di antaranya sembuh, 12 meninggal dan yang lain masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit rujukan.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar