Kebiasaan gunakan masker di Jepang sudah ada sejak era Edo

id COVID-19,LIPI,Masker

Kebiasaan gunakan masker di Jepang sudah ada sejak era Edo

Ilustrasi. Seorang pria memakai masker pelindung di Melbourne setelah menjadi kota pertama di Australia yang mewajibkan memakai masker pelindung di tempat umum sebagai upaya untuk membatasi kenaikan jumlah penyakit virus korona (COVID-19), Australia, Kamis (23/7/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Sandra Sanders/nz/cfo

Jakarta (ANTARA) - Peneliti di Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syarifah Aini Dalimunthe mengatakan kebiasaan menggunakan masker di Jepang sudah ada sejak era Edo

"Kebiasaan memakai masker itu dikembangkan sejak era Edo," kata Syarifah dalam seminar virtual "Managing COVID-19 Pandemic: Experiences from Japan and Lesson Learned for Indonesia", Jakarta, Jumat (24/7)

Dia menuturkan kebiasaan menggunakan masker telah lama ada di Jepang bahkan sejak sebelum pandemi COVID-19.

Di era Edo, para penambang memakai masker untuk menghindari debu saat menambang batu bara.

Ketika pandemi COVID-19 melanda, dari Februari dan Maret 2020 terjadi kekurangan masker di Jepang. Pada saat itu, Pemerintah Jepang menyarankan produsen besar seperti Panasonic dan Sharp memproduksi masker, untuk dapat memenuhi kebutuhan masker.

Profesor di Universitas Kanazawa Jepang Atsuro Tsutsumi menuturkan secara budaya, masyarakat Jepang merupakan orang yang higienis.

Dia menuturkan pemakaian masker telah dipraktikkan secara aktif sejak lama jauh sehingga bukan menjadi sesuatu yang spesial atau baru dilakukan karena pandemi COVID-19.

"Menggunakan masker sudah menjadi kebiasaan, mudah dan diterima di Jepang dan jika kita terkena demam, biasanya menggunakan masker. Hal ini dilakukan bahkan sebelum COVID-19," tuturnya. 


 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar