Warga Kepri diimbau bunyikan klakson pada peringatan Hari Kemerdekaan RI

id HUT RI Kepri,Hari Kemerdekaan,HUT RI 2020

Warga Kepri diimbau bunyikan klakson pada peringatan Hari Kemerdekaan RI

Petugas dan peserta upacara HUT RI di Kepulauan Riau menjalani tes cepat COVID-19. (Dok Pemprov Kepri)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengajak warga untuk membunyikan klakson atau sirene pada saat peringatan detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020.

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau TS Arif Fadilah pada Ahad menyampaikan imbauan kepada warga agar membunyikan klakson atau sirene pada kendaraan dan fasilitas umum atau menabuh beduk di masjid/musholla pada peringatan detik-detik pembacaan proklamasi kemerdekaan RI.

"Mari kita laksanakan HUT Kemerdekaan RI ke-75 dengan hikmat, walaupun dalam kondisi sangat sangat terbatas," katanya.

Pemerintah provinsi juga mengimbau warga untuk menghentikan aktivitas sejenak dan berdiri dengan sikap sempurna di mana pun berada pada pukul 10.17 WIB hingga 10.20 WIB.

Arif mengatakan bahwa protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 harus dijalankan dalam acara Perayaan HUT ke-75 RI tahun ini, termasuk dalam pelaksanaan upacara bendera di Gedung Daerah.

Ia mengatakan bahwa seluruh petugas dan peserta yang terlibat dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT RI di Gedung Daerah dan makam pahlawan harus menjalani tes cepat COVID-19. Pemerintah menyiagakan petugas untuk melakukan pemeriksaan guna mendeteksi penularan COVID-19 di dua lokasi itu.

"Kita buat seperti dilakukan di pusat untuk penyelenggaraan HUT Kemerdekaan di Provinsi Kepri di Gedung Daerah. Kita laksanakan sesuai protokol COVID-19. Di mulai petugas dan peserta kita lakukan cek, rapid test, dan minta surat rapid test, pengecekan suhu, penyiapan tempat cuci tangan, dan jaga jarak antar-peserta," kata dia.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan di Gedung Daerah juga dilakukan dengan peserta terbatas. "Hanya beberapa yang diundang dan yang lainnya diundang untuk mengikuti rangkaian secara virtual," kata Arif.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE