5.050 paket internet diberikan ke siswa kurang mampu di Kepri

id bantuan paket internet,sekolah kepulauan riau,pendidikan kepulauan riau

5.050 paket internet  diberikan ke siswa kurang mampu di Kepri

Gubernur Kepri Isdianto saat secara simbolis menyerahkan bantuan paket internet gratis kepada siswa kurang mampu di Tanjungpinang, Kamis (3/9/2020). (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Sebanyak 5.050 paket internet gratis diberikan kepada siswa sekolah menengah atas negeri, sekolah menengah kejuruan negeri, dan sekolah luar biasa yang kurang mampu di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) guna mendukung proses pembelajaran jarak jauh via daring.

"Ini merupakan salah satu bentuk perhatian dari pemerintah berserta pihak terkait dalam upaya melancarkan kegiatan belajar mengajar pada kondisi pandemi COVID-19," kata Gubernur Provinsi Kepri Isdianto saat secara simbolis menyerahkan bantuan paket internet kepada perwakilan siswa di Tanjungpinang, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah mengharuskan semua beradaptasi dengan kebiasaan yang baru dan adaptasi tersebut mencakup pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jarak jauh via daring.

Di wilayah Kepulauan Riau yang mencakup banyak pulau, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dari jarak jauh masih terkendala keterbatasan ketersediaan sarana-prasarana pendukung termasuk kepemilikan alat komunikasi memadai, sinyal telekomunikasi yang tidak selalu prima, dan ketersediaan akses internet.

"Maka itu, kami bergerak cepat menggesa pelaksanaan ini, tidak lain adalah agar para siswa dapat belajar dan guru serta orang tua menjadi tenang," kata Gubernur.

Namun dia mengakui bahwa bantuan 5.050 paket internet gratis tersebut belum bisa mencakup seluruh siswa yang membutuhkan bantuan.

Isdianto mengapresiasi perusahaan telekomunikasi XL Axiata yang telah membantu menyediakan paket internet gratis bagi siswa kurang mampu.

"Mari kita bersama, saling peduli terhadap pendidikan di negeri ini, karna eksistensi serta kemajuan bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas pendidikan bagi anak kita kelak yang akan menerima estafet kepemimpinan," katanya.

Rudi Dharma dari XL Axiata Area Tanjungpinang-Bintan menjelaskan bahwa seluruhnya ada 193.000 paket internet gratis yang disediakan untuk siswa kurang mampu di 28 provinsi di Indonesia.

Pada tahap pertama, ia mengatakan, Kepri mendapatkan 5.050 paket bantuan akses internet. "Tahap selanjutnya untuk Kepri direncanakan akan diluncurkan lagi sebanyak 30 ribu paket internet," katanya.

"Mudah-mudahan dengan bantuan internet gratis ini para siswa dapat lancar dalam proses belajar sehingga menggapai prestasi yang membanggakan," kata Rudi.

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar