Nizar-Neko fokus pemulihan ekonomi pasca COVID

id Nizar-Neko fokus pemulihan ekonomi pasca COVID

Nizar-Neko fokus pemulihan ekonomi pasca COVID

Muhammad Nizar saat menyampaikan pidatonya di Kecamatan Kepulauan Posek. (Nurjali)

Lingga (ANTARA) - Empat sektor unggulan Nizar-Neko calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Lingga, jika terpilih nanti adalah fokus pada pembenahan ekonomi pascaCOVID-19 yang sejak awal tahun 2020 ini, melumpuhkan sektor ekonomi dan sosial.

"Empat sektor unggulan yang akan kita lanjutkan itu, benar-benar fokus pada pemulihan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan, yaitu pertanian, perikanan, peternakan dan pariwisata," ujar Muhammad Nizar yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Lingga, kepada Antara, Rabu.

Untuk pondasi empat program unggulan tersebut menurutnya sudah terbentuk sejak awal pemerintahan Awe-Nizar, dan program tersebut terus menampakkan perkembangan yang baru-baru sudah mulai terlihat di beberapa wilayah khususnya dipulau-pulau yang ada di Kabupaten Lingga.

Sektor pertanian saat ini menjadi satu-satunya sektor yang tidak memberikan pengaruh besar terhadap jatuhnya perekonomian dunia di tengah pandemi COVID-19. Sawah yang mulai ditanam oleh masyarakat melalui kelompok tani sudah mulai panen, dan memberi manfaat bagi masyarakat demikian juga dengan beberapa perkebunan yang mulai menjadi pendapatan baru bagi masyarakat Lingga.

"Kemudian di sektor perikanan beberapa infrastruktur awal sudah mulai dibangun, dan kita akan gesa lagi agar sektor ini dapat menjadi pemasukan bagi PAD dan kesejateraan masyarakat," sebutnya.

Meskipun sektor pariwisata sempat menurun drastis akibat pandemi COVID-19, namun di Kabupaten Lingga sendiri tidak butuh waktu lama untuk bangkit, hal itu terlihat dari beberapa iven pariwisata yang digelar di masa  pandemi, cukup banyak memberi pengaruh ekonomi, demikian juga dengan fasilitas pariwisata elite yang dibangun di pulau Katang akan menjadi salah satu sektor unggulan di bidang   pariwisata.

"Di sektor  peternakan saat ini sedang kita genjot, mudah-mudahan 2021 sudah mulai menampakkan hasil," sebutnya.

Berkat empat program unggulan itu, Kabupaten Lingga menjadi salah satu daerah yang tidak begitu terlihat dampak sosial dan ekonomi dari pandemi COVID-19.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE