Pegawai Bawaslu Riau uji usap antisipasi COVID-19

id tes usap, tes swab, bawaslu riau, bawaslu provinsi riau,covid riau

Pegawai Bawaslu Riau uji usap antisipasi COVID-19

Seorang anggota Bawaslu Riau menjalani tes usap di Kota Pekanbaru, Senin (14/9). (ANTARA/HO-Bawaslu Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 56 orang komisioner dan staf Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau mengikuti uji usap (swab) di Pekanbaru, Senin, guna mengantisipasi penularan COVID-19, terutama di klaster perkantoran.

"Hari ini ikut uji usap pimpinan Bawaslu Riau sebanyak lima orang, staf PNS sebanyak 14 orang dan 37 orang staf PNS atau honorer," kata Ketua Bawaslu Provinsi Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru.

Uji usap tenggorokan itu, katanya, bertujuan memastikan seluruh personil bebas COVID-19 sejak dini mengingat tingginya khusus konfirmasi di Riau dalam beberapa hari terakhir.

Pelaksanaan uji usap tenggorokan dilakukan di aula Sekretariat Bawaslu Provinsi Riau, Pekanbaru pada pukul 09.00 WIB sampai dengan Pukul 11.00 WIB.

Kata dia, Bawaslu tidak hanya melakukan pengawasan elektoral saja yaitu pengawasan terhadap regulasi yang ada, tetapi juga mengawasi sesuatu yang bersifat nonelektoral yang berarti menjamin kesehatan dan keselamatan para pegawai beserta pejabat di lingkungan sekretariat.

"Maksudnya adalah memperhatikan dan memantau kesehatan dan keselamatan seluruh pimpinan, pejabat, dan staf di lingkungan Bawaslu Riau guna suksesnya tugas negara," kata Rusidi.

Pelaksanaan swab di Bawaslu Riau dibantu oleh satuan gugus tugas penanganan COVID-19 Provinsi Riau yang dipimpin oleh Puspa Riana yang merupakan Kepala Seksi Pelayanan Klinis Upt Labkesling pada Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Hasil swab akan diketahui hasilnya dan diberikan kepada Bawaslu Riau tiga hari ke depan yakni pada tanggal 17 September 2020.

Rusidi berharap agar hasil pelaksanaan uji usap negatif, sehingga kerja-kerja pengawasan yang dilakukan di Riau dapat berjalan sesuai dengan tahapan yang ada.

"Semoga hasil swab saat ini, semua negatif. Jadi kita dapat bekerja dengan baik dan tenang, tetap dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada," harapnya.

Beberapa hari sebelumnya, Ketua KPU Provinsi Riau juga dinyatakan terpapar COVID-19 sehingga seluruh anggota dan pegawai lainnya menjalani tes usap.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar