Gubernur imbau warga Kepri tidak pergi ke zona merah saat libur panjang

id Libur panjang Covid-19,covid kepri

Gubernur imbau warga Kepri tidak pergi ke zona merah saat libur panjang

Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin meninjau penerapan protokol kesehatan di pelabuhan Lagoi, Bintan. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Pjs Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin mengimbau masyarakat tidak berpergian ke zona merah selama libur panjang tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2020 karena sangat berisiko tinggi akan tertular COVID-19.

Bahtiar pun menyarankan masyarakat yang ingin berlibur dengan berkumpul bersama keluarga atau teman maka harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Akan lebih baik liburan di daerah yang masih dalam zona hijau COVID-19, namun wajib bagi kita semua untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni menggunakan masker, menjaga jarak minimal satu setengah meter dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Jadi kalau itu dipenuhi insyaAllah liburan kita sehat," kata Bahtiar di Tanjungpinang, Kamis.

Bahtiar menyampaikan bahwa pesan yang disampaikan oleh Menkopolhukam Mahfud MD dan Mendagri Tito Karnavian adalah mengantisipasi klaster baru COVID-19 akibat adanya libur panjang, yang juga bertepatan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada liburan panjang ini, kata dia, ditakutkan akan terjadinya potensi kerumunan baik di terminal, stasiun, bandara, sarana transportasi umum, baik darat laut dan udara, bahkan di tempat-tempat wisata yang sangat berpotensi terjadinya penularan.

“Libur panjang ini tentu akan dimanfaatkan oleh masyarakat kita untuk bepergian. Ini yang menjadi atensi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah karena dikhawatirkan setelah liburan kasus COVID-19 malah bertambah,” sebut Bahtiar.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri TS Arif Fadillah menyampaikan Pemerintah akan terus bekerja sama dengan TNI/Polri dan Satpol PP dibantu juga oleh tokoh masyarakat, tokoh agama dalam menegakkan protokol kesehatan.

Menurutnya, kerja-kerja yang telah dilakukan selama ini bersama seluruh komponen termasuk Bupati dan Wali Kota perlahan menunjukkan trend perubahan yang semakin baik dengan menurunnya penularan COVID-19 di daerah tersebut.

"Ini adalah prestasi yang patut kita apresiasi dan harus dipertahankan. Kami akan terus mengimbau masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan, terutama di saat liburan saat ini,” tuturnya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE