APBD 2021 Kepri harus memuat rencana penanganan COVID-19

id apbd 2021 haru memuat anggaran ,pjs gubernur kepri 2020, pjs gubernur kepri bahtiar,dirjen politik dan pemerintahan umum

APBD 2021  Kepri harus memuat rencana penanganan COVID-19

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar menyampaikan arahannya dalam rapat bersama Himpunan Kawasan Industri di Batam, Selasa (3/11). (Naim)

Batam (ANTARA) - Pjs Gubernur Kepulauan Riau, Bahtiar menegaskan anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten/kota se-Kepri harus memuat rencana anggaran penanganan pandemi COVID-19.

Bahtiar bahkan menyatakan tidak akan menandatangani APBD kabupaten/kota, apabila tidak memasukkan anggaran penanganan pandemi COVID-19.

"Ini bagian evaluasi kami terhadap penyusunan APBD 2021 terkait instruksi Mendagri, bahwa APBD boleh 'refocusing' relokasi diarahkan pada tiga hal," kata dia.

Relokasi anggaran diarahkan pada peningkatan kapasitas kesehatan, penanganan dampak sosial ekonomi dan jaring pengaman sosial.

Menurut pria yang menjabat Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri itu, banyak daerah di Indonesia yang tidak memasukkan anggaran penanganan pandemi COVID-19 dalam APBD 2021.

Daerah-daerah itu, kata dia, beranggapan bahwa COVID-19 telah selesai pada 2021. Padahal, belum tentu.

Semestinya pemerintah daerah menyiapkan diri untuk hal terburuk yang bisa terjadi, demi menyelamatkan warganya.

Di tempat yang sama, Pjs Wali kota Batam Syamsul Bahru menyampaikan komitmennya untuk tetap memasukkan anggaran penanganan pandemi COVID-19 dalam APBD 2021.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE