Kepri upayakan penanaman 1 miliar pohon kelapa

id Gerakan 1 miliar pohon,kelapa kepri

Kepri upayakan penanaman 1 miliar pohon kelapa

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Baharuddin saat menanam pohon di pusat pemerintahan di Pulau Dompak, Tanjungpinang. ANTARA/HO-Humas Pemprov Kepri

Tanjungpinang (ANTARA) - Pjs Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Bahtiar Baharuddin mengupayakan target penanaman 1 miliar pohon kelapa untuk industri dengan tujuan ekspor luar negeri.

Bahtiar optimis target tersebut terwujud jika seluruh kepala daerah bupati/wali kota beserta masyarakat se Kepri punya komitmen yang kuat dan bergerak bersama melakukan gerakan industrialisasi pohon kelapa.

“Pulau kita kurang lebih 2.408 pulau, jika kita bergerak menanam bersama maka 1 miliar pohon kelapa bukan hal yang mustahil. Saat ini sangat ironis sekali karena industri pengolahan kelapa telah ada di Batam dan Bintan namun tidak kita manfaatkan,” ujar Bahtiar, Kamis.

Apalagi, kata Bahtiar, minggu depan ini Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo akan meluncurkan ekspor perdana kelapa ke luar negeri dari Batam, namun ternyata kelapanya dari Riau dan Jambi, bukan Kepri.

Peluang-peluang ini seharusnya dapat ditangkap untuk kemajuan dan kesejahteraan Kepri.

Oleh karena itu, Bahtiar mengajak masyarakat membiasakan diri menanam pohon yang sangat banyak manfaatnya mulai dari akar, batang, daun hingga buahnya seperti pohon kelapa.

“Jadikan ini kebiasaan sehingga menjadi budaya positif dalam mencintai lingkungan sekitar. Pulau ini harus kita manfaatkan dan jadikan sebagai taman baru penghasil berbagai macam jenis buah,” tutur Bahtiar.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu pun menyampaikan urgensinya kegiatan menanam pohon bagi Kepri yang luas daratannya hanya 4 persen dibanding luas lautannya yang mencapai 96 persen.

Dengan menanam pohon khususnya kelapa akan bermanfaat mengurangi abrasi pantai dan bahaya angin laut yang kencang.

“Pulau-pulau kita ini kalau tidak dilindungi sekitarnya maka akan terjadi abrasi pantai dan lama-lama akan hilang daratannya,” jelasnya.

Lanjut dia, Kepri yang merupakan daerah maritim dengan laut yang luas sudah seharusnya memiliki identitas selain sebagai daerah penghasil hasil laut, juga sebagai daerah penghasil kelapa terbaik dan terbesar untuk skala nasional .

Bahtiar dan jajaran OPD Pemprov sudah mulai menanam pohon kelapa hingga durian musangking di pusat kantor Gubernur Kepri di Pulau Dompak, Tanjungpinang.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE