Terinspirasi dari sepak bola Kemenpora buat "Senam Sundul Langit"

id senam,sepak bola,senam sundul langit,kemenpora ri,menpora zainudin amali,raden isnanta,piala dunia u-20

Terinspirasi dari sepak bola Kemenpora buat "Senam Sundul Langit"

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membuka lokakarya Senam Sundul Langit secar virtual pada 7 Oktober 2020 di Jakarta. (dokumentasi Kemenpora RI)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga kembali membuat sebuah terobosan dengan melahirkan sebuah gerakan senam yang diberi nama "Senam Sundul Langit" yang digubah dengan misi untuk memupuk semangat olahraga bagi semua lapis masyarakat.

Senam Sundul Langit adalah senam yang dikreasikan dengan gerakan-gerakan yang ada di dalam olahraga sepak bola seperti gerakan juggling, menggiring bola, sundulan, gerakan kiper, sampai dengan gerakan selebrasi gol.

Kemenpora memperkenalkan senam Sundul Langit tersebut melalui kreasi gerakan olahraga sepak bola yang populer di Indonesia dengan harapan agar dapat meningkatkan minat anak-anak muda untuk berolahraga melalui senam itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membuka lokakarya Senam Sundul Langit pada 7 Oktober 2020 secara virtual. Menpora berharap senam tersebut dapat membuat generasi muda Tanah Air semakin semangat untuk berolahraga untuk menjaga kesehatan, kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepak bola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlit muda sepak bola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi," kata Menpora melalui keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta menjelaskan secara gamblang bagaimana Senam Sundul Langit bisa dicetuskan oleh Kemenpora.

"Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak. Dipilih gerakan sepak bola yaitu karena olahraga ini salah satu yang populer. Dengan gerakan ini, kita harap anak muda melakukan senam secara rutin," ujar Isnanta menerangkan.

Usaha Kemenpora untuk kembali menggelorakan sepak bola di masyarakat lewat berbagai macam cara memang tak terlepas dari persiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan.

Pemerintah tentunya ingin semua elemen bisa memberikan dukungan penuh kepada Timnas Indonesia yang akan berlaga dalam ajang tersebut serta mentransfer semangat kepada para pemain demi memetik prestasi tertinggi.

Selain itu, sebagai cabang olahraga paling diminati di Indonesia, sepak bola dianggap akan bisa dengan mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat. Itulah kenapa gerakan-gerakan dasar sepak bola diadaptasi dalam Senam Sundul Langit tersebut.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE