Data kemarin COVID-19 di Tanjungpinang capai 165 orang

id Kasus aktif COVID 19 di Tanjungpinang, capai 165 orang

Data kemarin COVID-19 di Tanjungpinang capai 165 orang

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 di ibu kota Kepulauan Riau itu bertambah empat orang sehingga menjadi 165 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang Rustam di Tanjungpinang, Minggu, mengatakan pasien COVID-19 yang masih dirawat di rumah sakit sebanyak 63 orang, sedangkan yang menjalani karantina terpadu 36 orang dan isolasi mandiri 66 orang.

"Jumlah pasien COVID-19 setiap hari bertambah. Kami berharap masyarakat tetap konsisten mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19," kata Rustam.

Ia mengungkapkan total jumlah pasien COVID-19 sejak Maret 2020 hingga hari ini mencapai 714 orang, sebanyak 529 orang sudah sembuh. Sementara pasien yang meninggal dunia mencapai 18 orang. Rata-rata mereka memiliki penyakit penyerta.

Menurut dia, dari 714 orang pasien COVID-19 tersebut, sebanyak 294 orang memiliki gejala, sedangkan 418 orang tidak bergejala.

Berdasarkan hasil penelusuran tenaga kesehatan, sebanyak 116 orang tertular COVID-19 setelah melakukan perjalanan keluar daerah, sementara 463 orang tertular karena melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19.

Total jumlah warga yang tertular COVID-19, namun tidak pernah keluar daerah dan tidak pernah kontak erat dengan pasien COVID-19 sebanyak 133 orang.

Ia mengajak seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Protokol kesehatan ini harus selalu dilakukan pada saat berinteraksi dengan keluarga yang tidak tinggal serumah, teman rumah ataupun di tempat kerja, sehingga klaster keluarga dan klaster tempat kerja bisa dicegah bersama-sama.

"Protokol kesehatan yang senantiasa harus dilakukan adalah memakai masker, menjaga jarak (tidak bersalaman) dan mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin," tuturnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE