Masyarakat seharusnya tidak khawatir gunakan hak pilihnya

id Pilkada sehat 2020, ingat pesan ibu, protokol kesehatan di tps, pilkada kepri 2020

Masyarakat seharusnya tidak khawatir gunakan hak pilihnya

Ketua KPU Kepri, Sriwati.

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau mengajak masyarakat tidak khawatir tertular COVID-19 saat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada Serentak 2020 karena pihaknya telah menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi penularan virus tersebut.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena kami menyiapkan dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," kata Ketua KPU Kepri Sriwati saat membuka debat Pilkada Kepri 2020 di Batam, Jumat.

Ia mengajak semua yang memiliki hak memilih untuk hadir di tempat pemungutan suara pada 9 Desember 2020 dan menggunakan haknya agar pemilihan kepala daerah Kepri berintegritas dan berkualitas.

KPU menyiapkan 12 alat pendukung penerapan protokol kesehatan di TPS, yaitu menyiapkan tempat mencuci tangan dan sabun, hand sanitizer, dan sarung tangan plastik untuk pemilih serta sarung tangan medis untuk petugas.

Pemilih diwajibkan menggunakan masker saat berada di TPS, melalui pemeriksaan suhu tubuh saat hendak memasuki lingkungan TPS, dan petugas menggunakan pelindung wajah (face shield).

KPU juga menyediakan tinta yang ditetes demi menghindari penggunaan wadah tinta yang sama, menyemprotkan disinfektan di lokasi pemilihan serta menyiapkan bilik khusus bagi pemilih dengan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius.

Selain itu, petugas KPPS menggunakan alat pelindung diri yang lengkap.

Sementara itu, pelaksanaan debat publik yang diikuti tiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri berlangsung relatif lancar.

Pilkada Kepri diikuti tiga pasangan calon, yaitu nomor urut 1 Soerya Respationo dan Iman Sutiawan, nomor 2 Isdianto dan Suryani, serta nomor tiga Ansar Ahmad dan Marlin Agustina.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar