Menpora: Kepri berpotensi jadi tujuan wisata olahraga terkemuka

id Menpora,Zainudin Amali,olahraga wisata,Kepri,sport tourism

Menpora: Kepri berpotensi jadi tujuan wisata olahraga terkemuka

Menpora Zainudin Amali didampingi Pjs Gubernir Kepri Bahtiar Baharuddinberkunjung ke Pulau Dompak, Tanjungpinang, Ahad (22/11). (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melihat adanya potensi Provinsi Kepulauan Riau sebagai destinasi wisata olahraga terkemuka di Indonesia dan bahkan dunia.

"Potensi olahraga wisata di Kepri sangat luar biasa. Kami siap mendorong agar semakin berkembang," kata Zainudin Amali dalam kunjungan kerjanya di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Ahad (22/11).

Oleh karena itu, Zainudin meminta Pemprov Kepri segera memetakan potensi olahraga dan yang akan didorong terlebih dahulu untuk dikembangkan adalah olahraga wisata.

Dia mencontohkan di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan. Ternyata ada beberapa event wisata bersepeda bertaraf internasional yang diikuti berbagai negara.

"Segera dipetakan mana olahraga wisata prioritas untuk dikembangkan. Apalagi ekonomi sedang kurang baik akibat pandemi, kita harus kreatif dan berinovasi guna meningkatkan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Lanjut Zainudin, secara geografis wilayah Kepri memang potensial untuk dijadikan tujuan olahraga wisata, karena daerah tersebut selama ini menjadi penyumbang kunjungan wisman terbesar kedua di Indonesia setelah Bali.

Olahraga wisata seperti bersepeda sangat cocok di wilayah ini, karena memiliki pesona keindahan alam yang segar dan alami.

Dia optimis olahraga wisata Indonesia ke depan tidak hanya terpusat di Bali atau Sulawesi, tapi juga di Kepri. Olahraga wisata ini dipastikan dapat menarik lebih banyak lagi kunjungan wisatawan mancanegara ke Kepri.

"Saya yakin, olahraga wisata akan tetap eksis selama pandemi maupun setelah pandemi COVID-19 ini berakhir," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE