Seluruh TPS di Batam akan gunakan Sirekap

id sirekap batam, pilkada batam 2020, pilkada serentak 2020

Seluruh TPS di Batam akan  gunakan Sirekap

Anggota KPU Kota Batam William Seipattiratu. (Naim)

Batam (ANTARA) - Seluruh tempat pemungutan suara di Kota Batam, Kepulauan Riau, yang berlokasi di pulau utama dan pulau-pulau penyangga siap menggunakan sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) dalam perhitungan suara Pilkada Serentak 2020.

"Kemarin kami sudah simulasi dan berjalan lancar. Seluruh TPS pakai Sirekap," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum Kota Batam William Seipattiratu di Batam, Rabu.

Namun tidak seluruh TPS menggunakan Sirekap dalam jaringan (daring/online), karena keterbatasan sinyal telekomunikasi, terutama di pulau-pulau penyangga.

"Tapi sedikit saja, dari total 2.177 TPS, ada puluhan yang 'offline' ," kata William.

Ia menjelaskan bagi TPS yang kesulitan jaringan internet, maka tetap harus menggunakan Sirekap. Anggota KPPS diminta untuk mengunduh aplikasi Sirekap di lokasi yang ada sinyal.

Saat perhitungan di TPS selesai, maka petugas KPPS tetap harus memfoto hasil rekapitulasi dalam kertas plano.

Foto itu bisa dikirim kemudian waktu, saat petugas KPPS mengembalikan kotak suara ke PPS, dan menemukan lokasi bersinyal.

"Saat mengembalikan kotak suara ke PPS, kalau ada sinyal dia kirim. Tapi di hari yang sama," kata William.

Sebenarnya Peraturan KPU memberikan keluangan waktu bagi petugas KPPS di lokasi sulit sinyal, untuk mengirimkan foto hasil rekapitulasi suara, paling lama tiga hari setelah hari pelaksanaan.

Namun di Batam lokasi tanpa sinyal relatif sedikit, maka KPPS tetap diminta menyerahkan foto hasil rekapitulasi suara di hari yang sama.

William mengingatkan Sirekap hanya digunakan untuk kepentingan penyelenggara pemilu saja, yaitu PPS, PPK, dan KPU. Saksi dan pengawas di TPS tidak perlu mengunduh Sirekap.

Saat ditanya mengenai kendala pada gawai petugas KPPS, ia mengatakan hingga saat ini tidak menerima laporan petugas KPPS yang tidak memiliki perangkat telepon pintar.

"Rata-rata sudah android semua. Sekarang yang penting spek yang bisa mendukung untuk instal aplikasi, bisa memotret, ada jaringan dan paket. Sampai hari ini tidak ada laporan KPPS tidak punya gawai. Hanya pertanyaan spek iphone bisa atau enggak, karena iphone pakai otak ios," kata dia.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar