Jalan nasional Kandangan-Batulicin Kalsel lumpuh akibat tanah longsor

id longsor, tapin

Jalan nasional Kandangan-Batulicin Kalsel  lumpuh akibat tanah longsor

Penambalan dan perapian jalan Margasari-Marabahan di Kalsel yang belun diaspal. (antaranewskalsel.com/ Muhammad Fauzi Fadilah)

Tapin (ANTARA) - Ruas jalan nasional Kandangan, Kabupaten Hulus Sungai Selatan dengan Batulicin, Kabupaten Kotabaru, lumpuh akibat tanah longsor di Desa Batung, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Kasat Lantas Polres Tapin, Iptu Guntur Setyo Pambudi, Sabtu mengatakan, saat ini sudah terjadi tanah longsor yang mengakibatkan satu orang tewas.

"Untuk jalur trans Kalimantan jalan tembus Kandangan - Tapin - Batulicin sementara kita tutup karena rawan longsor bila cuaca hujan," ujarnya.

Selain jalan jalur tersebut, jalur alternatif jalan angkutan batu bara dan lintas nasional Marabahan- Margasari aman dan bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat tujuan Kalsel-Kalteng-Kaltim begitupun sebaliknya.

"Mobil truk distribusi logistik atau bahan pokok bisa saja lewat, untuk angkutan berat lainnya kami tahan dan mengikuti arahan petugas di lapangan," ujarnya.

Saat ini sudah dilakukan proses penambalan lubang menggunakan batu serta perapian jalan oleh TNI, Polri serta pihak perusahaan kelapa sawit PT. Kharisma Alam Persada menggunakan alat berat.

"Untuk saat ini bisa dikatakan aman tapi bila hujan deras bisa mengakibatkan jalan rusak kembali. Namun personil polres Tapin khususnya sat lantas tetap stand by jalur mengantisipasi lonjakan volume kendaraan," ujarnya.

Polisi itu menghimbau kepada masyarakat khususnya pengguna jalan yang melintasi Tapin agar tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan di jalan, terutama saat menggunakan jalur-jalur alternatif.

"Hilir mudik kendaraan yang melintas dalam kondisi aman dan lancar," ujarnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE