Penumpang kapal antarpulau tidak patuhi protokol kesehatan

id Satgas,penumpang kapal antarpulau,mulai tidak patuhi protokol kesehatan

Penumpang kapal antarpulau tidak patuhi protokol kesehatan

Feri Oceana bersandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau menyatakan penumpang kapal rute antarpulau seperti Tanjungpinang-Batam, mulai tidak mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Kepri Tengku Said Arif Fadillah, di Tanjungpinang, Rabu, mengatakan penularan COVID-19 berpotensi terjadi di dalam kapal, yang memiliki ruangan tertutup sehingga seluruh penumpang sebaiknya melaksanakan protokol kesehatan.

Dalam beberapa pekan terakhir, berdasarkan hasil pemantauan Satgas Penanganan COVID-19  Kepri, banyak penumpang yang tidak menggunakan masker dan duduk berdekatan.

"Kondisi ini seharusnya tidak terjadi. Perlu ada yang mengawasi, dan mengingatkan kepada mereka yang tidak menaati protokol kesehatan," ujarnya, yang juga Sekda Kepri.

Baru-baru ini Arif mengajak seluruh pihak yang terkait dengan pelayaran antarpulau di Kepri untuk bersama-sama mencegah penularan COVID-19 di dalam kapal. Hal itu dianggap penting lantaran kapal merupakan kebutuhan utama transportasi laut bagi aparat pemerintahan dan masyarakat.

Dalam rapat bersama KSOP, Dinas Perhubungan dan Pelindo, Arif mengatakan Satgas Penanganan COVID-19 Kepri akan mengangkat kapten dan anak buah kapal sebagai anggota Satgas Penanganan COVID. Mereka bertugas menyosialisasikan protokol kesehatan, sekaligus mengawasi penumpang agar selalu melaksanakan protokol kesehatan.

Ia mengharapkan 2-3 orang anak buah kapal bersedia menjadi anggota Satgas Penanganan COVID. Peranan mereka sangat besar dalam mencegah penularan COVID-19.

"Tentu mereka harus menjadi tauladan bagi penumpang," katanya.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE