Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat menerima bantuan berupa kapal cepat dari Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) untuk memperkuat armada evakuasi kebencanaan.

"Kita memang sangat butuh kapal cepat yang bisa segera digerakkan jika terjadi bencana," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Jumat.

Ia menyebut Sumbar memiliki laut dan danau serta daerah Mentawai yang berbentuk kepulauan. Karena itu armada evakuasi tidak hanya dibutuhkan di darat juga di laut. Bantuan itu dinilai akan sangat mendukung kinerja BPBD Sumbar untuk penanggulangan bencana di daerah.

Ia mengapresiasi Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman yang dinilai mampu menjalin komunikasi yang baik dengan BNPB sehingga bisa mendapatkan bantuan yang benar-benar dibutuhkan daerah.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman menginformasikan kapal cepat tersebut memiliki lebar sekitar 2,5 meter dan panjang 6 meter, dilengkapi dengan peralatan evakuasi, fasilitas air bersih dan sanitasinya.

Kapal dibekali mesin berkapasitas 2 X 200cc, Global Positioning System (GPS) untuk navigasi, kompas, alat komunikasi dan alat keselamatan lainnya.

Ke depan kapal itu juga akan dilengkapi dengan peralatan medis agar bisa segera membantu jika terjadi bencana. Kapal itu sementara ditambatkan di Pelabuhan Muara Jalan Batang Arau, Berok Nipah, Padang.*

Baca juga: Basarnas evakuasi kapal tenggelam di perairan Malut

Baca juga: SAR evakuasi 40 penumpang kapal kandas di Perairan Bintan

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019