LIPI sebut SDM berbasis pendidikan tinggi jadi penggerak inovasi

id Laksana tri handoko,Sdm indonesia unggul,Hut ri ke-74,lipi

Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri Handoko. (ANTARA/Fransiska Ninditya)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Laksana Tri handoko mengatakan sumber daya manusia (SDM) unggul yang berbasis pendidikan tinggi harus menjadi motor penggerak inovasi bagi bangsa Indonesia.

"Khususnya SDM unggul berbasis pendidikan tinggi harus menjadi motor penggerak inovasi untuk menciptakan ekonomi kreatif berbasis iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Handoko di Jakarta, Jumat.

Handoko menuturkan SDM unggul merupakan modal utama untuk memajukan ekonomi dan bangsa Indonesia.

Dalam mengisi Kemerdekaan RI ke-74, maka hendaknya SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi menjadi penggerak dalam membawa Indonesia dari satu kemajuan ke kemajuan lain, dari masa sekarang hingga masa depan.

SDM terampil merupakan aset bangsa yang berharga yang membawa masa depan Indonesia untuk bersaing dan maju di kancah regional dan global, ujarnya.

Untuk itu, investasi dalam pembangunan SDM bermutu terus dilakukan pemerintah termasuk melalui perguruan tinggi untuk mencetak  generasi penerus yang memiliki kualitas terbaik.

Presiden RI Joko Widodo atau yang biasa disapa Jokowi menegaskan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi fondasi untuk pembangunan bangsa.

"Untuk ke depan, percayalah, kita harus membangun fondasi sumber daya manusia yang berkualitas, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Presiden melalui akunnya, jokowi, dalam unggahan di media sosial instagram pada Jumat.

 Baca juga: Jokowi tegaskan SDM berkualitas fondasi pembangunan bangsa
Baca juga: Dana abadi riset disebut LIPI dorong pengembangan SDM unggul Indonesia

 

Pewarta : Martha Herlinawati S
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar