Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama jajarannya berkeliling ke sejumlah masjid di Kota Pahlawan, Jawa Timur, Minggu, guna membagikan daun pisang sebagai pengganti kantong plastik yang digunakan membungkus daging kurban untuk masyarakat.

"Tadi saya ngumpulin daun-daun di kediaman untuk saya bagi ke warga yang memotong hewan-hewan kurban, supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut," kata Wali Kota Risma usai menyerahkan daun pisang ke sejumlah masjid.

Menurut Risma, hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmennya untuk mengurangi sampah plastik. Untuk itu, ia berharap warga Kota Surabaya tidak menggunakan plastik.

Wali Kota Risma mengatakan, daun pisang yang dibagikan itu berjenis calathea. Sebelumnya, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu dipetik dari rumah dinasnya di Jalan Sedap Malam dan Taman Surya.

Daun-daun itu kemudian diberikan kepada masyarakat sebagai pengganti penggunaan kantong plastik. "Tadi saya ngumpulin daun-daun di kediaman untuk saya bagi ke warga yang memotong hewan-hewan kurban, supaya menggunakan daun untuk keperluan tersebut," kata Risma.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, M Fikser menjelaskan, upaya ini dilakukan untuk meminimalisir penggunaan sampah plastik. Ada empat masjid yang diberi daun tersebut yakni, Masjid Al-Muhajirin Jalan Kanginan dan Masjid Cheng Ho Jalan Gading.

"Berikutnya Masjid Rohman Arif Jalan Karang Gayam dan terakhir Masjid An-Nur SMA Negeri 2," kata Fikser.

Ia menambahkan, daun-daun yang berhasil dikumpulkan itu, sekitar 12 ikat. Masing-masing ikatnya sekitar 10 kilogram. "Sehingga total daun tersebut kurang lebih 120 kilogram," katanya.

Pemerintah Kota Surabaya menyerahkan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 44 ekor kambing pada Idul Adha tahun ini. Dari 16 sapi kurban tersebut, enam di antaranya diberikan warga yang tinggal di eks lokalisasi Dolly dan untuk sisanya kami sebarkan ke masjid-masjid Surabaya.

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019