Pelajar NU Sidoarjo upacara bendera di kolam penampungan lumpur

id Pelajar sidoarjo, upacara HUT RI, kolam penampungan luapan lumpur sidoarjo

Pelaksanaan upacara bendera yang dilakukan oleh pelajar NU di Sidoarjo, Jatim di dalam kolam penampungan lumpur di Sidoarjo (Marul)

Sidoarjo (ANTARA) - Puluhan pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur melaksanakan upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di dalam kolam penampungan lumpur Sidoarjo, Sabtu.

Ketua Ikatan Pelajar NU (IPNU) Kabupaten Sidoarjo M Abidul Mursyid di Sidoarjo, Sabtu mengatakan, pelaksanaan upacara itu dilaksanakan sebagai bentuk kecintaan terhadap negeri ini.

"Hal itu untuk mengingatkan para pemuda supaya mencintai dan memiliki jiwa nasionalis yang tinggi terhadap negara dan bangsa Indonesia ini," katanya.

Ia juga mengajak kepada para pemuda untuk mempertahankan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia yang telah dinikmati ini dari sisi pendidikan.
Baca juga: Tanggul lumpur Lapindo alami penurunan 100 meter

"Yang terpenting kami mengharapkan bahwa para pemuda untuk memilih rasa nasionalisme yang semakin tinggi," ucapnya.

Menurutnya, pelaksanaan upacara yang berlangsung di dalam kolam penampungan lumpur itu menunjukkan kalau lokasi semburan lumpur bisa digunakan sebagai salah satu tujuan wisata.

"Kami ingin mengedukasi para pelajar bahwa mereka tidak boleh lupa terhadap HUT RI. Karena para pahlawan berjuang demi negara nyawa taruhannya," katanya.

Menurutnya, sangat ironis jika para pelajar yang ada di Sidoarjo ini tidak mengetahui sejarah lumpur Sidoarjo ini. Meskipun, banyak desa dan warga yang meninggalkan tanah kelahirannya karena dampak semburan lumpur itu.
Baca juga: Kata peneliti ITS, semburan lumpur Sidoarjo bisa dihentikan dengan Bernoulli

"Kami mengharapkan bahwa pelajar Sidoarjo peduli dengan lumpur. Dan mengembangkan melalui destinasi wisata," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolresta Sidoarjo, Jatim Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho, mengajak kepada generasi muda dan juga masyarakat untuk meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur membela ibu pertiwi.

"Kami siap meneruskan perjuangan para pahlawan dalam menjaga persatuan, kesatuan juga keutuhan NKRI," ucap Kapolresta Sidoarjo Kombes Polisi Zain Dwi Nugroho saat menjadi Inspektur Upacara pada Apel Kehormatan dan Renungan Suci peringatan Hari Kemerdekaan kr-74 Republik Indonesia, di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Jalan Pahlawan, Sidoarjo, Sabtu dini hari.
Baca juga: Ingin kunjungi enam obyek wisata di Sidoarjo dengan diantar bus gratis?
 

Pewarta : Indra Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar