Mataram (ANTARA) - Operator telekomunikasi PT XL Axiata Tbk  memperluas jaringan 4G di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan mengakses internet cepat dan layanan data sehingga mampu mendorong pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut.

"Sejak pertama kali hadir pada 2017, jaringan XL Axiata 4G LTE terus diperluas ke berbagai pelosok wilayah di sebelah timur Pulau Lombok tersebut. Kini 74 persen dari total 180 ribu pelanggan telah mengakses layanan 4G," kata Group Head XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, di Sumbawa Besar, Senin.

Ia mengatakan hadirnya layanan 4G XL Axiata di Sumbawa mendapatkan sambutan yang sangat positif dari masyarakat setempat. Terbukti, trafik terus meningkat hingga lebih dari 95 persen dalam setahun terakhir.

Selain intensitas penggunaan oleh pelanggan yang terus meningkat, juga jumlah pelanggan yang juga bertambah secara signifikan. Bahkan, bisa dikatakan Sumbawa merupakan area dengan pertumbuhan penggunaan layanan data di atas rata-rata untuk seluruh wilayah NTB.

Imam Mualim menambahkan tingkat pemahaman masyarakat Sumbawa atas manfaat layanan data dan teknologi digital guna meningkatkan produktifitas terus meningkat.

Apalagi popularitas Sumbawa sebagai destinasi wisata juga semakin meningkat berkat penggunaan media sosial dan berbagai saluran informasi digital yang mengangkat potensi wisata di sana.

"Mempertimbangkan hal tersebut, XL Axiata tidak ragu untuk terus memperluas area layanan 4G, agar masyarakat dapat meningkatkan produktivitasnya di berbagai bidang, termasuk ekonomi daerah melalui bisnis perorangan maupun usaha kecil menengah," ujarnya.

Sementara itu, Group Head Technology Strategy & Architecture XL Axiata, I Gede Darmayusa menyebutkan saat ini telah terpasang sekitar 700 BTS data (3G/4G) dan akan terus bertambah sampai akhir 2019.

Jaringan 4G LTE XL Axiata telah hadir melayani masyarakat di semua kota/kabupaten atau lima kota/kabupaten di Pulau Sumbawa sudah terlayani oleh jaringan data XL Axiata, baik 3G maupun 4G. Kelima kota/kabupaten tersebut adalah Kota Bima, Kabupaten Bima, Sumbawa Barat, Dompu, dan Sumbawa Besar.

Masing-masing titik BTS 4G LTE tersebar di pusat kota yang meliputi area publik dan komplek pemerintahan, pusat ekonomi lokal, alun-alun, juga area sekolah. Selain itu, sebagian area pemukiman di masing-masing kota juga menjadi prioritas.

Tidak ketinggalan, XL Axiata juga terus membangun jaringan di area-area wisata yang kini menjadi sektor andalan Sumbawa, termasuk pantai-pantainya yang semakin tersohor.

"Kedepannya XL Axiata juga akan melanjutkan pembangunan jaringan ke pulau-pulau sekitar Sumbawa yang memiliki potensi wisata yang tinggi," katanya.

Gede menambahkan untuk jaringan "backbone" fiber optik di Sumbawa, hingga saat ini sudah mencapai sekitar 2.000 kilometer.

Hingga akhir 2019, XL Axiata mentargetkan penambahan jaringan fiber optik di Sumbawa sepanjang sekitar 1.200 kilometer. Selain demi meningkatkan kualitas layanan di Sumbawa, jaringan fiber tersebut juga menjadi tumpuan bagi jaringan infrastruktur XL Axiata yang menjangkau seluruh provinsi di Kawasan Timur Indonesia, serta menghubungkannya dengan Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan dan Sulawesi.

Ia mengatakan sesuai dengan visi pemerintah Republik Indonesia, pembangunan infrastruktur telekomunikasi dan data yang dilakukan XL Axiata di seluruh Indonesia juga merupakan bagian dari dukungan pada program percepatan pembangunan di daerah-daerah tertinggal.

Untuk itu pula, XL Axiata juga membangun dan mengoperasikan jaringan telekomunikasi melalui program Universal Service Obligation (USO) yang diinisiasi oleh pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika di wilayah Pulau Sumbawa.

XL Axiata mengoperasikan sebanyak 8 BTS USO di wilayah Nusa Tenggara Barat, yakni 2 BTS di Lombok, serta 6 BTS di Sumbawa.

Untuk BTS USO di Sumbawa terdapat di tiga kabupatenyaitu Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, dan Kabupaten Sumbawa Barat. Hingga saat ini tercatat lebih dari 3.000 pelanggan baru di wilayah tersebut telah memanfaatkannya.

"Saat ini di seluruh wilayah Nusa Tenggara Barat, XL Axiata memiliki lebih dari 4.900 BTS termasuk lebih dari 3.000 BTS data (3G/4G)," ucap Gede.

Baca juga: Sebanyak 50 sekolah di Sumbawa terima bantuan kuota data XL
Baca juga: XL Axiata uji coba teknologi 5G dan gencarkan fiberisasi jaringan
Baca juga: Pemerintah dorong operator telekomunikasi uji coba 5G

Pewarta: Awaludin
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019