Jakarta (ANTARA) - Kawasan Asia Timur dan Pasifik merupakan kawasan yang sangat penting bagi Amerika Serikat, kata Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik ,David R. Stilwell di Jakarta, Minggu.

Stilwell berkunjung ke Indonesia dalam rangka lawatannya yang ketiga ke negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik.

"Ini merupakan kunjungan saya yang ketiga di kawasan ini. Jadi kalau Anda mau melihat seberapa penting kawasan (Asia Timur dan Pasifik) ini bagi Amerika Serikat, bisa dilihat dari kunjungan saya yang sudah ketiga kalinya dalam dua bulan terakhir. Ini menunjukkan kawasan ini penting bagi AS," ujar dia.

Baca juga: Asisten Menlu Amerika Serikat berkunjung ke Indonesia

Stilwell mengatakan bahwa kunjungannya ke negara-negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik bertujuan untuk mendengar pendapat dan menjangkau lebih banyak mitra serta memaparkan dengan jelas mengenai kebijakan Amerika Serikat di kawasan tersebut.

"Saya ingin berkunjung dan menyimak apa yang menjadi pendapat anda dan menjangkau lebih banyak mitra di kawasan dan juga untuk menjelaskan tujuan dan kebijakan AS," katanya.

Menurut dia, kawasan Asia Timur dan Pasifik memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: AS dukung sentralitas ASEAN kembangkan kerja sama Indo-Pasifik

"Namun tujuan saya di sini tidak hanya untuk ekonomi saja, tetapi saya di sini untuk membahas nilai-nilai dan gagasan yang sama, dan ekonomi menjadi tujuan penting untuk hal tersebut," ucap Stilwell.

Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik David R. Stilwell akan berada di Indonesia selama tiga hari, yakni pada 1-3 September 2019.

Selama kunjungan di Indonesia, Stilwell akan bertemu dengan para pejabat senior Indonesia dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, serta perwakilan dari kantor Presiden dan Wakil Presiden RI.

Baca juga: Armada Ketiga Angkatan Laut AS perluas peran di Asia Timur

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019