Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun itu bertujuan untuk mensyiarkan Agama Islam kepada masyarakat setempat dan agar lebih mempererat tali silaturahmi antarumat beragama
Baturaja (ANTARA) - Belasan ribu warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengikuti kegiatan Pawai Ta'aruf Tahun Baru Islam 1 Muharram 1441Hijriah/2019M yang digelar pemerintah daerah setempat di Taman Kota Baturaja, Ahad.

"Peserta pawai Ta'aruf 1 Muharram 1441 H ini diikuti lebih dari 11 ribu peserta," kata Kepala Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Ogan Komering Ulu , Rahmat Subeki sekaligus ketua pelaksana kegiatan tersebut di Baturaja.

Dia mengemukakan, belasan ribu peserta pawai tersebut dilepas oleh Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis dengan mengangkat bendera start yang dimulai dari Taman Kota Baturaja.

Pelaksanaan pawai itu dimulai dari Taman Kota Baturaja menuju Jalan Pahlawan Kemarung dan melewati Jembatan Ogan I hingga kembali lagi ke Taman Kota Baturaja.

Peserta pawai Ta'aruf 1 Muharram ini adalah para pelajar di wilayah setempat mulai dari TK hingga SMA, kelompok pengajian, majelis taklim kelurahan hingga kecamatan se-Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Dalam kegiatan itu panitia penyelenggara juga memberikan banyak hadiah kepada peserta pawai dan door prize

Sementara Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis memberikan apresiasi kegiatan pawai 1 Muharram 1441 H yang diselenggarakan dalam memperingati Tahun Baru Islam itu.

Dia menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun tersebut bertujuan untuk menyiarkan Agama Islam kepada masyarakat setempat agar lebih mempererat tali silaturahmi antarumat beragama.

"Jadi jangan melihat dari banyaknya hadiah yang disediakan, tetapi tujuan utama adalah untuk mensyiarkan Agama Islam," katanya.

Baca juga: MUI berharap tahun baru Islam bawa kedamaian

Baca juga: Tahun Baru Islam Dimeriahkan Pawai Ta`ruf

Baca juga: Pawai obor meriahkan peringatan Tahun Baru Islam


 

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019