Berbagai kemeriahan HUT TNI AL kami hadirkan untuk persembahan kami kepada rakyat.
Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) menggelar lomba dayung perahu naga dengan memperebutkan piala Danlantamal VI sekaligus rangkaian dari Hari Ulang Tahun TNI AL ke 74.

Ketua panitia penyelenggara NBOD Lantamal VI Kolonel Laut (P) Victor Pardamean di Makassar, Senin, mengatakan digelarnya lomba perahu naga tersebut untuk memperebutkan piala Danlantamal VI dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 TNI AL sekaligus rangkaian acara Naval Base Open Day (NBOD) di Pantai Jalaria Lantamal VI pada tanggal 07-08 September 2019.

"Berbagai kemeriahan HUT TNI AL kami hadirkan untuk persembahan kami kepada rakyat," ujarnya.

Ia mengatakan selain untuk mendukung program Pemerintah Kota Makassar, kegiatan itu juga bertujuan menjaring bibit-bibit unggul di cabang olahraga dayung.

Baca juga: Kemenpora gelontor bonus juara dunia perahu naga Rp3,7 miliar

Baca juga: Indonesia bawa tujuh medali dari kejuaraan dunia perahu naga

 

11 Negara ikuti Kampar International Dragon Boat Festival



Kolonel Laut (P) Victor Pardamean Y Siagian yang juga Komandan Satuan Patroli (Dansatrol) Lantamal VI ini menyebutkan jika perahu naga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Salah satu kesulitan perahu naga jika tidak adanya irama dalam mendayung, maka pergerakan perahu akan kocar kacir.

Karenanya, lomba yang digelar merupakan bentuk dukungan Lantamal VI dalam mencari bibit-bibit atlet dayung baru yang akan membawa harum nama daerah di kancah nasional dan internasional.

"Sudah menjadi pengetahuan kita semua bahwa perahu naga dikenal memiliki tingkat kesulitan tinggi, apabila tidak kompak mendayung maka perahu naga tak akan berjalan lurus dan tentunya akan membuat spontan penonton tertawa. Oleh karena itu dibutuhkan latihan, stamina dan semangat yang tinggi," katanya.*

Baca juga: Lantamal VI sosialisasikan NBOD untuk mendekatkan TNI-masyarakat

Baca juga: Lantamal VI lestarikan Seni Paraga melalui sepak takraw

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019