untuk memacing kreativitas karyawan muda agar memiliki semangat transformasi, inovasi, dan kolaborasi dalam menghadapi era perubahan
Magelang (ANTARA) - Perseroan Terbatas Angkasa Pura I (Persero) meluncurkan Komunitas Milenial "Moovin" di Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Bigaran, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Peluncuran komunitas milenial PT Angkasa Pura I (Persero) "Moovin" ditandai dengan mendonasikan 200 buku (book charity) untuk perpustakaan di sekitar Balkondes Bigaran yang merupakan binaan PT Angkasa Pura I .

Selain itu, Moovin dan Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi juga menyerahkan bantuan secara simbolis bagi pembangunan fasilitas untuk masjid dekat Balkondes Bigaran.

Selain kegiatan sosial, pada peluncuran Moovin itu, juga dilakukan pertemuan perwakilan milenial Angkasa Pura I dari 14 cabang bandara dan CEO Talks to Millenial.

"Saat ini generasi milenial sudah mendominasi angkatan kerja di berbagai industri, termasuk di Angkasa Pura I. Sekitar 70 persen pegawai di Angkasa Pura I merupakan generasi milenial," kata Fahmi.

Baca juga: BUMN pamerkan Balkondes di Paviliun Indonesia

Ia mengatakan dengan segala keunikan dan karakter khas milenial, generasi ini perlu diberi wadah dan fasilitas untuk dapat menjadi motor penggerak perusahaan bagi pertumbuhan kinerja perusahaan sekaligus kepedulian sosial.

Oleh karena itu, katanya, pada era volatility-uncertainty-complexity-ambiguity (VUCA) ini, manajemen menginisiasi Moovin sebagai komunitas milenial Angkasa Pura I untuk mewadahi kreativitas dan inovasi pegawai milenial agar dapat mengantisipasi kondisi VUCA tersebut.

Diharapkan ke depannya generasi milenial perusahaan itu dapat menjadi pemimpin perusahaan yang adaptif dan gesit dalam menghadapi dinamisnya lingkungan bisnis serta dapat berkontribusi positif melalui semangat inovasi dan kolaborasi, baik di internal maupun eksternal perusahaan.

Ketua Moovin Angkasa Pura I, Hanindito, menyatakan antusiasmenya dalam merespons inisiasi dan perhatian khusus manajemen kepada generasi milenial perusahaan.

"Generasi milenial memang memiliki karakter yang berbeda dengan generasi sebelumya seperti Gen-X apalagi 'baby boomers' yang besar di era teknologi yang berbeda. Perbedaan generasi ini perlu dijembatani dengan adaptasi dan keinginan untuk saling mengerti antargenerasi," katanya.

Mewakili generasi milenial perusahaan, pihaknya mengapresiasi inisiasi itu dan antusias dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan untuk dapat berkontribusi lebih, tidak hanya bagi pertumbuhan kinerja bisnis perusahaan, tetapi juga terciptanya praktik bisnis berkelanjutan yang memperhatikan aspek lingkungan dan kepedulian sosial.

"Moovin ini merupakan implementasi Program Spirit of Millennials yang diinisiasi Kementerian BUMN untuk memacing kreativitas karyawan muda agar memiliki semangat transformasi, inovasi, dan kolaborasi dalam menghadapi era perubahan," katanya.

Moovin sudah berdiri sejak Februari 2019, namun baru diluncurkan pada 13 September 2019. Sejak Februari 2019, Moovin melakukan berbagai kegiatan yang terangkum dalam beberapa program, seperti Millennial Charity, Green Airport for Future, CEO Talks, AP I Belonging, Meet and Share, Company Visit, dan AP I Goes to Campus. 

Baca juga: Balkondes pelita bagi 20 desa di Borobudur
Baca juga: Pohon buah "warisan" para perempuan internasional untuk Balkondes


 

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019