Jakarta (ANTARA) - Maskapai Nasional Garuda Indonesia, Minggu, (15/9), membatalkan sedikitnya 12 penerbangan di sejumlah rute domestik akibat dampak kabut asap yang mengakibatkan jarak pandang penerbangan terbatas.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M.Ikhsan Rosan mengungkapkan bahwa keputusan membatalkan penerbangan tersebut didasarkan pertimbangan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, khususnya dengan terbatasnya jarak pandang yang berisiko terhadap operasional penerbangan.

"Berbagai antisipasi tersebut turut berdampak terhadap sejumlah rotasi penerbangan, untuk itu kami mengimbau penumpang untuk melakukan pengecekan secara berkala jadwal penerbangan mereka," kata Ikhsan melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu

Untuk memastikan kesiapan dan keselamatan operasional penerbangan, sejumlah penerbangan Garuda Indonesia turut mengalami keterlambatan maupun pengalihan penerbangan.

Adapun data penerbangan yang dibatalkan hingga Minggu siang adalah sebagai berikut :
01.GA580/581- Rute Jakarta - Samarinda - Jakarta.
02.GA582/583 - Rute Jakarta - Samarinda - Jakarta.
03.GA512/513 - Rute Jakarta - Pontianak - Jakarta.
04.GA502/505 - Rute Jakarta - Pontianak - Jakarta.
05.GA504/507 - Rute Jakarta - Pontianak - Jakarta.
06.GA552/553 - Rute Jakarta - Palangkaraya - Jakarta.

Dengan situasi ini, seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan jadwal penerbangan Garuda Indonesia diberikan pilihan untuk mengubah jadwal penerbangan (reschedule). Selain itu, penumpang juga diberikan pilihan untuk melakukan pindah rute (reroute) atau melakukan pengembalian uang (refund) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Garuda Indonesia juga akan terus memonitor situasi dan perkembangan berkaitan dengan intensitas dampak kabut asap tersebut, khususnya yang dapat mengganggu keselamatan penerbangan, kata Ikhsan.

Baca juga: Akibat asap, 37 penerbangan batal di Bandara Supadio
Baca juga: Penerbangan di Bandara APT Pranoto kembali terganggu
Baca juga: Lion Air batalkan semua penerbangan ke Kaltara karena kabut asap
Baca juga: Penerbangan di Palangka Raya hampir lumpuh karena kabut asap

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019