Guru Besar Unsoed ingatkan pentingnya modernisasi pertanian

id pertanian

Alat pertanian bantuan pemerintah yang mulai dimanfaatkan petani pedesaan di Soloraya (Foto: dokumentasi Desa Dalangan)

Purwokerto (ANTARA) - Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Loekas Soesanto mengingatkan pentingnya modernisasi pertanian khususnya pada era revolusi industri 4.0.

"Modernisasi sangat penting dalam rangka menghadapi revolusi industri 4.0, selain itu modernisasi dapat menumbuhkan minat petani milenial untuk mengembangkan sektor pertanian," kata Loekas di Purwokerto, Kamis.

Baca juga: Akademisi: Modernisasi sistem pertanian agar milenial tertarik bertani

Ia mencontohkan modernisasi pertanian dapat berupa pemanfaatan drone atau pesawat tanpa awak untuk penyemprotan, serta penggunaan alat-alat pertanian modern lainnya.

Kendati demikian, dia mengakui bahwa modernisasi pertanian memiliki sejumlah kendala dalam pelaksanaannya.

"Kendalanya bisa dalam hal kesiapan pengguna salah satunya terkait dengan teknologi dan juga kendala lainnya, karena itu perlu sosialisasi yang berkesinambungan," katanya.

Dia mengatakan untuk menyukseskan modernisasi pertanian, pemerintah bisa merekrut tenaga ahli untuk melakukan sosialisasi pada petani terkait dengan produksi pertanian.

Baca juga: Asa Jokowi menggenjot modernisasi pertanian

"Pemerintah juga bisa mengintensifkan program pelatihan bagi tenaga pendamping agar makin menguasai operasional alat-alat pertanian modern dan menyosialisasikannya kepada petani," katanya.

Selain itu, kata dia, yang terpenting adalah pemerintah perlu mengintensifkan sosialisasi ke petani-petani milenial agar regenerasi SDM sektor pertanian dapat berlangsung dengan optimal.

Sebelumnya, dia mengingatkan pentingnya regenerasi petani atau SDM bidang pertanian.

Baca juga: Peneliti apresiasi modernisasi alat pertanian untuk ketahanan pangan

Dia menjelaskan pemerintah perlu mengintensifkan program yang bertujuan untuk mencetak lebih banyak petani milenial.

"Selain itu, pemerintah juga perlu menggerakkan petani milenial untuk melek teknologi terkait revolusi industri 4.0," katanya.

Regenerasi SDM bidang pertanian, kata dia, sangat penting untuk mendukung keberlanjutan sektor pertanian di Tanah Air.

"Terlebih lagi kebutuhan pangan di masa depan diperkirakan akan makin besar seiring laju pertumbuhan penduduk," katanya.

Baca juga: Partai NasDem: modernisasi industri pertanian diperlukan
 


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar