Tour de Siak, pebalap BSP Siak Nur Fathoni juarai etape empat

id tour de siak, tour de siak 2019,Muhammad nur fathoni, bsp siak

Pebalap BSP Siak Nur Muhammad Fathoni menyentuh finis pertama etape empat Tour de Siak 2019, Minggu (22/9/2019). ANTARA/Bayu Agustari Adha

Siak (ANTARA) - Pebalap Indonesia dari tim Bumi Siak Pusako (BSP) Siak, Riau, Muhammad Nur Fathoni menjadi juara etape empat Tour de Siak 2019 dengan rute Siak City Race sebanyak enam putaran dengan jarak tempuh 102 km, Minggu.

Nur Fathoni menjadi yang terbaik setelah menang adu sprint dengan 46 pebalap lainnya saat masuk finis. Pebalap dengan nomor start 11 ini membukukan catatan waktu dua jam 20 menit 55 detik.

"Waktu lap pertama saya nomor tiga, lalu pemulihan tenaga untuk sprint lap terakhir. Ini juga berkat kerjasama tim membuat garis mengantar saya untuk nomor satu," kata Nur Fathoni usai perlombaan.

Baca juga: Gubernur Riau dukung Tour de Siak dilanjutkan meski ada kabut asap

Dengan hasil tersebut, Nur Fathoni mampu mendongkrak posisinya pada klasemen umum Tour de Siak 2019 dengan menjadi pebalap Indonesia terbaik dan berhak mendapatkan kaos merah putih.

"Secara umum individu saya masuk 10 besar. Tapi untuk posisi pebalap Indonesia saya nomor satu. Kami akui balapan kali ini cukup sulit karena asap," kata pebalap kenyang pengalaman ini.

Pada etape empat kejuaraan yang masuk kalender UCI dengan level 2.2, Nur Fathoni saat masuk finis dibuntuti oleh Muhammad Harrif Saleh dari Trengganu Cycling Team Malaysia dan Aidan James Mendoza dari Go For Gold Filipina.

Balapan Tour de Siak 2019 terbilang cukup berat karena juga berhadapan dengan kabut asap. Dari empat etape yang direncanakan hanya tiga yang terlaksana. Etape tiga, Sabtu (21/9) harus dibatalkan balapan yang sudah berjalan 20 km harus dihentikan karena kabut asap cukup tebal dan mengganggu balapan.

Baca juga: Tour de Siak etape III dibatalkan akibat asap tebal

Pada etape pertama, pebalap Trengganu Cycling Team, Nur Amirul Fachruddin Mazuki menjadi yang terbaik. Sedangkan pada etape dua giliran pebalap Indonesia yang memperkuat timnas Indonesia, Reno Yudha Sansoko.

Dengan tuntasnya etape empat maka Tour de Siak 2019 dipastikan berakhir. Pebalap Trengganu Cycling Team Malaysia, Nur Amirul Fachruddin Mazuki dinobatkan sebagai juara setelah membukukan total catatan waktu lima jam 29 menit 21 detik.

Untuk kategori tim, Kinan Cycling Team asal Jepang menjadi yang terbaik dengan total catatan waktu 16 jam 29 menit 49 detik. Sedangkan predikat raja sprint juga diraih oleh Pebalap Trengganu Cycling Team Malaysia, Nur Amirul Fachruddin Mazuki dengan 28 poin.

Baca juga: Tour de Siak, Pebalap Malaysia juarai etape pertama

Baca juga: Tour de Siak, pebalap Indonesia Reno Yudha menangi etape II

Pewarta : Bayu Agustari Adha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar