Fintech dalam waktu mendatang pasti sangat besar peranannya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution membuka Indonesia Fintech Summit and Expo (IFSE) 2019 pertama di Jakarta.

"Tentu saja fintech berperan penting, negara yang sangat besar ini lebih membutuhkan peranan digital, fintech, dan sebagainya," ujar Darmin Nasution di Jakarta, Senin.

Darmin Nasution menjelaskan bahwa digitalisasi dan fintech tersebut sangat cepat membuka akses yang selama ini sulit terjangkau perbankan konvensional, seperti membuka kantor cabang yang ke depannya hal ini tidak diperlukan lagi.

"Fintech dalam waktu mendatang pasti sangat besar peranannya," kata Menko Perekonomian tersebut.

Selain Darmin Nasution, acara pembukaan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 juga dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Wimboh Santoso, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta pejabat-pejabat terkait.

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Kepala OJK Wimboh Santoso juga berkesempatan menjadi narasumber diskusi panel pertama Indonesia Fintech Summit and Expo 2019.

Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 merupakan pameran terbesar di Indonesia tahun ini dengan menghadirkan lebih dari 100 perusahaan fintech yang dalam beberapa tahun terakhir sudah menyajikan berbagai inovasi produk dan layanan jasa keuangan berbasis teknologi kepada masyarakat luas di Indonesia, khususnya untuk segmen unbanked dan undeserved yang selama ini belum terjangkau oleh sektor keuangan konvensional.

Penyelenggaran Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 ini merupakan upaya regulator dalam hal ini OJK dan Bank Indonesia, yang didukung AFTECH untuk lebih mendorong industri Fintech berkembang di Tanah Air dan semakin berperan dalam peningkatan inklusi keuangan masyarakat.

Pameran terbuka gratis untuk umum, publik bisa menikmati pameran dan secara langsung mempelajari lebih jauh bagaimana perkembangan industri fintech di Indonesia, mulai dari keragamanan produk dan layanan jasa serta teknologi canggih yang digunakan oleh berbagai perusahaan fintech.

Lebih lanjut, perusahaan-perusahaan fintech yang berpartisipasi di dalam ajang pameran Indonesia Fintech Expo 2019 ini mewakili beberapa sektor fintech yang ada di Indonesia, yaitu fintech pinjaman online (fintech p2p lending), sistem pembayaran digital (digital payment), wealth management, inovasi keuangan digital (fintech pendukung pasar, market aggregator, dan lain-lain), insuretech dan fintech Syariah.

Selain pameran yang menyajikan perusahaan-perusahaan fintech yang merupakan anggota dari AFTECH, AFPI dan AFSI, di Indonesia Fintech Expo 2019 publik juga bisa menikmati sajian program literasi keuangan menarik secara gratis.

Baca juga: OJK berharap Indonesia Fintech Summit & Expo jadi program nasional
 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019