para media yang telah membantu memberitakan perkembangan PTS hingga sampai ke masyarakat
Padang (ANTARA) -
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X menjalin kerja sama dengan University Ton Hussein Onn Malaysia (UTHOM) untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi swasta di empat provinsi.
 
Kepala LL Dikti Wilayah X Prof. Herri di Padang, Rabu, mengatakan selain menjalin kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumbar, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan UTHOM dalam segi pendidikan.
 
"Dengan adanya kerja sama ini para mahasiswa PTS bisa mengikuti magang, melakukan penelitian, dan mengikuti pertukaran mahasiswa ke Malaysia," ujarnya.
 
Dengan adanya kerja sama tersebut, para mahasiswa PTS dapat memperluas jaringan dan melihat perkembangan kampus luar, khususnya di UTHOM.
 
Menurut Herri, untuk meningkatkan kualitas PTS di wilayah tersebut perlu mengadakan kerja sama dengan banyak pihak, yakni dengan perguruan tinggi lain, industri, dan pemerintah dalam melengkapi proses pendidikan supaya lebih baik.

Baca juga: LL Dikti wilayah X usulkan penambahan jumlah profesor di PTS
 
Begitu juga dengan pers, kata dia, karena tanpa media yang memberitakan PTS tentu banyak masyarakat yang tidak mengetahui tentang perkembangan suatu PTS.
 
"Saya juga berterima kasih pada para media yang telah membantu memberitakan perkembangan PTS hingga sampai ke masyarakat," kata dia.
 
Ia juga mengatakan 60 persen lulusan PTS berkontribusi terhadap penciptaan sarjana di Indonesia, jika PTS-nya tidak berkualitas tentu 60 persen sumber daya manusia di Indonesia itu tidak berkualitas.
 
"Alhamdulillah sekarang di PTS sudah terdapat beasiswa, baik untuk dosen maupun mahasiswa," ujarnya.
 
Hal itu, kata dia, menunjukkan sudah ada perhatian dari pemerintah terhadap PTS,

"Karena perguruan tinggi negeri maupun PTS sama-sama bertujuan untuk mendidik anak bangsa," ujar dia.

Baca juga: 817 riset di 113 perguruan tinggi swasta dapat dana hibah pemerintah
Baca juga: LL Dikti dorong PTS sesuaikan kurikulum dengan Revolusi Industri 4.0

​​​​

Pewarta: Laila Syafarud
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019