Festival ini sangat digemari oleh bule-bule yang tinggal di Sentani
Sentani, Jayapura (ANTARA) - Warga  Kampung Abar, Distrik Ebungfauw, di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua akan menggelar festival makan papeda, makanan berupa bubur sagu khas Papua, dalam gerabah.

"Dua tahun sebelumnya, festival hanya berlangsung satu hari saja, untuk tahun ini, festival akan berlangsung selama tiga hari," kata Peneliti dari Balai Arkeologi Papua Hari Suroto  di Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat.

Festival makan papeda dalam gerabah itu akan digelar pada 28-30 September 2019 di Kampung Abaar. Tahun ini adalah tahun ketiga pelaksanaan festival.

Dalam festival ini pengunjung bisa makan papeda dalam wadah gerabah sepuasnya. Selesai makan papeda, gerabahnya bisa dibawa pulang oleh pengunjung.

Hari Suroto mengatakan, kelebihan festival ini adalah penyelenggaraanya betul-betul inisiatif dari masyarakat Abar, dimana saat pertama kali diselenggarakan benar-benar swadaya masyarakat.

Sehingga walaupun tidak ada bantuan dari pemerintah, masyarakat Abar selalu siap menyelenggarakan festival ini. Tinggal gotong royong menokok sagu di hutan sagu dan menangkap ikan di danau sebagai lauknya.

 Baca juga: Pekan Budaya Sentani Jadi Wadah Kebudayaan Kab. Jayapura
 

Semua material festival dapat dengan mudah didapatkan, mulai dari atap daun sagu, para-para dari pelepah sagu, serta gerabah yang dibuat oleh mama-mama Abar.

"Festival makan papeda ini akan berlangsung setiap tanggal 30 September. Untuk tahun 2019, festival dimulai pada 28 September, dengan agenda pada 28 hingga 29 September 2019 berupa pameran gerabah hasil karya mama-mama Kampung Abar. Sedangkan untuk 30 September  berlangsung festival makan papeda dalam gerabah," ujarnya.

"Festival ini sangat digemari oleh bule-bule yang tinggal di Sentani. Menurut mereka, papeda adalah makanan sehat dan organik," ujarnya.

Kampung Abar dapat dicapai sekitar 20 menit dari Bandara Sentani, yaitu 10 menit perjalanan darat ke Dermaga Yahim, dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu ke Kampung Abar. Untuk carter mobil dari Bandara Sentani ke Dermaga Yahim tarifnya Rp50 ribu dan ongkos naik perahu Rp10 ribu.


Baca juga: Papeda masuk dalam menu pesanan Presiden Jokowi

Pewarta: Musa Abubar
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019