Manado (ANTARA) - Sekretaris Daerah Edwin Silangen mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara terus mematangkan persiapan pelaksanaan forum negara pulau dan kepulauan (Archipelagic and Island State Forum) pada 30 Oktober-1 November mendatang di Manado.

"Rapat koordinasi terus kami lakukan, penyelenggaraan AIS Forum Startup and Business Summit 2019 mengusung tema ecotourism," sebut Silangen di Manado, Jumat.

Dia menjelaskan, AIS Forum merupakan wadah yang digunakan untuk merangkul 41 negara pulau dan enam negara kepulauan dari kawasan Pasifik Selatan, Karibia, Asia, Afrika, dan Eropa.

Fokus kerja samanya mencakup empat area kolaborasi yakni blue economy, mitigasi perubahan iklim dan bencana, polusi laut akibat sampah plastik, dan good ocean and maritime governance.

"Rapat kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan juga sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan rapat di Jakarta beberapa waktu lalu," sebutnya.

Silangen berharap, iven ini diselenggarakan sukses sehingga memberikan kesan baik bagi setiap peserta yang mengikuti acara.

"Kita mendengarkan masukan dari instansi terkait seperti pihak kepolisian, mengundang pihak Polda Sulut dan Polresta Manado mengenai kesiapan daerah kita dalam melaksanakan kegiatan internasional ini," ujarnya.

Kepala BLH era Gubernur Sinyo H Sarundajang itu optimistis kegiatan ini akan sukses dilaksanakan dan memberikan dampak positif bagi pembangunan dan perekonomian daerah.

Rakor persiapan AIS 2019 turut dihadiri oleh Asisten Deputi Navigasi dan Keselamatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Odo Manuhutu dan Kepala Bappeda Sulut Ricky Toemandoek.

Baca juga: AIS Forum 2019 jadi wadah negara-negara pulau dan kepulauan

Baca juga: Delegasi SOM sepakati deklarasi pembentukan Forum Negara Kepulauan

 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019