Kepala Staf Kodam I/BB ziarah ke Makam Pahlawan sambut HUT TNI

id ziarah makam pahlawan,kodam i/bukit barisan,hut tni,pahlawan bangsa

Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan Brigadir Jenderal TNI Untung Budiharto menabur bunga di Makam Pahlawan Bukit Barisan, di Medan, Jumat. ANTARA/HO

Medan (ANTARA) - Kepala Staf Kodam I/Bukit Barisan Brigadir Jenderal TNI Untung Budiharto menghadiri ziarah rombongan dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI yang dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI AL I/Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong, di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan Medan, Jumat.

Kegiatan tersebut diawali penghormatan umum kepada para arwah pahlawan kusuma bangsa, dan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di pusara oleh pimpinan ziarah rombongan, serta tabur bunga di makam pahlawan.

Kegiatan ziarah ini dimaksudkan untuk mengenang jasa para pahlawan kusuma bangsa yang telah mempertahankan Ibu Pertiwi dari belenggu penjajahan.
Pelaksanaan ziarah Rombongan diikuti oleh perwira TNI dan seluruh anggota TNI, PNS TNI, Persit KCK PD I Bukit Barisan, dan PIA Ardhya Garini (Angkatan Udara).

Budiharto mengatakan, kegiatan ziarah ini memiliki arti yang sangat penting, disamping sebagai penghormatan kepada para pahlawan yang telah mendarmabaktikan jiwa raganya kepada nusa dan bangsa.

Selain itu, menurut dia, juga sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa-jasa para pahlawannya.

Bentuk pengahormatan ini tidak akan pernah lepas dari dada dan sanubari putra dan putri penerus bangsa, lebih-lebih bagi prajurit TNI, yang akan selalu menjaga tanah air ibu pertiwi Indonesia.

"Kita sebagai anak bangsa harus selalu ingat dengan sejarah.Selalu hormat dengan para pahlawan yang telah mendahului, sehingga cita-cita mereka yang masih belum tercapai bisa kita lanjutkan," ucap dia.

Ia berharap bagaimana memaknai perjalanan perjuangan bangsa ini dengan cita-cita dan perjuangan yang baik. "Terutama generasi muda kita nantinya bisa melanjutkan perjuangan para pahlawan," ucap jenderal bintang satu itu.

Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Provinsi Sumatera Utara, inspektur jenderal Kodam I/BB, para staf ahli Panglima Kodam I/BB, asisten kepala staf Kodam I/BB, para kepala Badan Pelaksana Kodam I/BB, para komandan Batalion BS se- wilayah Kodam I/BB, dan ketua Dharma Pertiwi Daerah "A" beserta pengurus.
 

Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar