Kalau perusahaan migas lain bisa menggarap pasar kita, kenapa Pertamina tidak?
Jakarta (ANTARA) - Pertamina menegaskan pendirian Pertamina International Marketing and Distribution, Pte Ltd (PIMD) bukan untuk mengganti Petral.

Petral merupakan "trading arm" Pertamina dalam impor minyak mentah untuk kebutuhan domestik, sedangkan PIMD merupakan "trading arm" untuk menjual produk Pertamina maupun produk pihak ketiga di pasar internasional.

"Jadi jelas PIMD jangan disamakan dengan Petral, karena PIMD fokus untuk menghasilkan pendapatan tambahan melalui penjualan di luar negeri. Jadi bukan untuk memenuhi kebutuhan domestik," kata Fajriyah Usman, VP Corporate Communication Pertamina di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Pertamina tingkatkan produksi 150.000 barel per hari di enam negara

Menurutnya, pemenuhan kebutuhan minyak mentah maupun produk BBM domestik tetap dilakukan sesuai amanat pemerintah yaitu oleh fungsi di internal Pertamina melalui "Integrated Supply Chain" atau ISC.

“Saat ini, PIMD juga berperan untuk menangkap peluang bisnis pasar Bunker Asia Tenggara terutama di Singapura, dan hal ini adalah bisnis yang sifatnya operasional. Ke depan. Perusahaan ini juga menggarap peluang penjualan produk lainnya langsung ke end customer di pasar internasional dengan membangun bisnis ritel dalam rangka memperkenalkan brand Pertamina secara global,”ujarnya.

Terkait dengan bisnis bunkering, Fajriyah menjelaskan bahwa "shipping company" di Singapura lebih memilih membeli bunker dari perusahaan Singapura, karena terkait dengan tax refund. Sehingga untuk menjangkau pasar bunker di sana, Pertamina harus membentuk perusahaan di Singapura. Target yang dipatok untuk penjualan bunker PIMD di tahap awal sekitar 60.000 MT perbulan.

Dan targetnya akan meningkat terus hingga 200.000 MT atau sekitar 5 persen dari market share bunker di Singapura yang memang sangat besar. Selain itu, PIMD juga diproyeksikan untuk dapat memasuki pasar penjualan bahan bakar ritel dan LPG di wilayah regional yakni Filipina, Thailand dan Myanmar.

“Kalau perusahaan migas lain bisa menggarap pasar kita, kenapa Pertamina tidak?” ungkapnya.

Perluasan jangkauan bisnis Pertamina melalui PIMD di kawasan Asia tersebut akan semakin menguatkan posisi Pertamina di kancah kompetisi regional. Hal ini juga yang akan menjadi pendorong Pertamina untuk mencapai target berada di peringkat 100 teratas daftar Fortune Global 500, yang pada tahun ini Pertamina berada di posisi 175.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2019