menggunakan gula aren yang didatangkan langsung dari petani gula aren Garut
Garut (ANTARA) - Produsen kuliner Raden Aren mengembangkan produk bolagar singkatan dari bolu aren Garut sebagai produk kuliner baru yang dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Bolagar atau singkatan dari bolu aren Garut ini dibentuk dalam kemasan hasil inovasi dengan bahan gula aren," kata Manager Operasional Raden Aren Nurul Saomah saat jumpa pers produk bolagar di Jalan Cimanuk, Garut, Sabtu.

Ia menuturkan produk bolagar itu merupakan satu manajemen dengan produk bolu cilembu oleh-oleh khas dari Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, yang sudah lebih dulu dikenal.

Baca juga: Boleh coba minuman khas dodol Garut

Nurul menyampaikan pihaknya berupaya mengangkat potensi daerah lain salah satunya Kabupaten Garut yang memiliki ciri khas produksi gula aren.

"Jadi kami menggunakan gula aren yang didatangkan langsung dari petani gula aren Garut, produk kami ini mengangkat potensi dari Garut," katanya.

Ia mengungkapkan Raden Aren mengemas bolagar dengan cara yang unik yakni kemasan dus dengan isi beragam sebanyak 10 bolu dengan sasaran konsumen untuk kalangan masyarakat menengah ke atas seharga Rp30 ribu.

Ia berharap bolagar itu bisa diterima masyarakat Garut, dan menjadi keharusan bagi wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh seperti produk khas lainnya di Kabupaten Garut yakni dodol.

"Kami berupaya untuk melakukan kreativitas dan berinovasi yang berbeda dan kekinian, dan menjadi tempat ciri khas oleh-oleh dari Priangan," katanya.

Ia menyampaikan toko kuliner Raden Aren yang berdiri di pusat kota Garut itu bisa menjadi tujuan wisata kuliner, sekaligus menjadi tempat berkumpul sambil menikmati sajian minuman khas yang disediakan Raden Aren.

Baca juga: Pemkab Garut kembangkan wisata kuliner malam

Menurut dia, selama ini di Garut banyak tempat kafe yang menarik dengan ciri khas yang unik, namun belum ada produk kuliner dengan bahan baku dari gula aren.

"Kami ingin menjadi kunjungan pusat wisata kuliner dengan produk unggulan kombinasi gula aren," katanya.

Ia berharap produk kuliner dengan bahan gula aren bisa mendorong pelaku usaha gula aren yang selama ini banyak diproduksi di sejumlah daerah di Garut.

"Kami harap keberadaan produk dari Raden Aren ini bisa meningkatkan ekonomi petani gula aren di Garut," katanya.

Baca juga: Saudi jadi pintu bisnis untuk produk-produk Garut

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019