Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyelenggarakan serah terima jabatan (sertijab) dari Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Menteri Sosial RI yang baru Juliari Peter Batubara di Auditorium Gedung Aneka Bhakti kementerian terkait, Jakarta, Rabu.

"Saya terharu karena harus meninggalkan orang-orang hebat di sini," kata Agus Gumiwang Kartasasmita yang saat ini menjabat Menteri Perindustrian (Menperin) menggantikan posisi Airlangga Hartarto yang juga dilantik Presiden Jokowi sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada Kabinet Indonesia Maju.

Dalam sambutannya, Agus Gumiwang mengatakan beberapa waktu lalu dipanggil oleh Presiden Joko Widodo yang mengapresiasi kinerja kemensos selama satu tahun tiga bulan menjabat di kementerian tersebut.

Apresiasi tersebut, kata dia, merupakan pengakuan langsung dari Presiden Jokowi kepada kementerian terkait secara kolektif dan bukan untuk personal menteri.

Baca juga: Juliari Batubara butuh penyesuaian usai dilantik sebagai Mensos

"Artinya Presiden berikan pengakuan capaian kolektif, bukan cuman ke saya pribadi tapi kerja tim," ujar dia.

Ke depan kementerian terkait akan menghadapi pekerjaan yang lebih berat, namun di bawah komando Juliari, Agus menyakini tanggung jawab kepada negara dapat diselesaikan dengan baik.

Pada kesempatan itu, politikus Partai Golkar tersebut juga meminta agar para pejabat di kemensos terus membantu Juliari P Batubara dalam mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara itu, Menteri Sosial RI Juliari Peter Batubara mengatakan pada rapat kabinet perdana, presiden menekankan pentingnya bekerja responsif dan program-program harus tepat sasaran.

Baca juga: Kemensos: Nilai-nilai sosial cegah terjadinya konflik

"Instruksi tersebut dikarenakan kementerian terkait memiliki dana besar," kata dia.

Presiden, ujar dia, juga berpesan selama menjabat sebagai Mensos, Agus Gumiwang Kartasasmita telah bekerja dengan cepat. Oleh karena itu, hal yang sama juga harus dilakukan serta ditingkatkan.

"Ini tidak gampang, Pak Sekjen harus bantu saya. Jadi kita harus lanjutkan kinerja yang bagus ini," ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut.

Sebelum dilantik sebagai menteri, Juliari berada di Komisi VI yang bermitra dengan perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah, BUMN, investasi, dan standarisasi nasional. Sedangkan saat duduk di Komisi XI DPR RI, mitra kerjanya yaitu perbankan dan keuangan.

Baca juga: Mensos: Program Kemensos yang baik dilanjutkan

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019