Jakarta (ANTARA) - Jalan Medan Merdeka Barat di Jakarta Pusat kembali dibuka usai ditutup akibat aksi Indonesia Memanggil, Senin sore.

Kendaraan yang pertama melintasi jalan tersebut usai dibuka adalah Transjakarta jurusan 1 Kota-Blok M pada pukul 18.28 WIB.

Perjalanan sempat sedikit terhambat karena masih ada massa yang duduk di pinggir jalur Transjakarta.

"Ayo peserta aksi yang masih di jalur busway cepat mundur, jalannya akan dipakai untuk kendaraan umum. Tolong hargai kepentingan masyarakat lainnya," kata petugas lalu lintas yang bertugas.

Tidak lama kemudian, Transjakarta kembali melaju diikuti empat bus Transjakarta lainnya.

Kendaraan pribadi seperti motor juga diketahui mulai secara bebas melintasi jalan Medan Merdeka Barat pada pukul 18.41 WIB.

Baca juga: Massa Indonesia Memanggil bubarkan diri
Baca juga: Massa Indonesia Memanggil bergerak menuju Istana Merdeka


Massa Indonesia Memanggil mulai berkumpul pada pukul 13.00 WIB untuk melakukan long march menuju Istana Merdeka dengan tuntutan utama agar Presiden Joko Widodo mengeluarkan Perppu KPK.

Mahasiswa yang tergabung dalam Indonesia Memanggil di antaranya dari Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, UIN Syarif Hidayatullah Ciputat, ATVI Jakarta, Universitas Buana Perjuangan Karawang dan STIKES Kharisma Karawang.

Sedangkan massa buruh berasal dari Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) disertai juga wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Aksi Indonesia Memanggil juga untuk memperingati hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2019 ini.
Baca juga: Mahasiswa UI datang ikuti aksi Indonesia Memanggil
Baca juga: Massa Indonesia Memanggil tutup Jalan Thamrin

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019