400 ribu pengangguran adalah para alumni perguruan tinggi
Banda Aceh (ANTARA) - Pangdam Iskandar Muda, Mayor Jendral TNI Teguh Arief Indratmoko berhasil lulus dengan predikat cum laude dengan IPK 3,76 pada program Magister Manajemen di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Darussalam Banda Aceh.

"Kami mengucapkan selamat kepada wisudawan atas pencapaiannya hari ini, termasuk salah satu di antaranya Pangdam Iskandar Muda yang berhasil lulus dengan predikat cum laude," kata Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal di Banda Aceh, Jumat.

Pernyataan itu disampaikannya di dalam Sidang Terbuka wisuda periode Agustus-Oktober 2019 sebanyak 2.120 lulusan Sarjana/Pendidikan Profesi/Spesialis/Pascasarjana di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam.

Dalam kesempatan itu, ia menyebutkan data terkini dari Badan Pusat Statistik di antara pengangguran di Indonesia yang mencapai 7 juta orang, sekitar 400 ribu orang di antaranya adalah para alumni perguruan tinggi.

Menurut dia, era Revolusi Industri 4.0 akan memperketat persaingan untuk memperoleh pekerjaan, di mana pada era tersebut, tenaga manusia akan secara signifikan tergantikan dengan mesin-mesin otomatis berbasis  digital.

Baca juga: Pangdam Iskandar Muda: junjung tinggi nasionalisme


Era ini akan bertumpu pada teknologi robotic, internet of things, serta kecerdasan buatan (artificial intelligence). Sehingga ratusan lapangan pekerjaan akan hilang atau minimal berkurang, sehingga para alumni konservatif dari perguruan tinggi akan sangat kesulitan untuk memperoleh pekerjaan di masa mendatang.

Ia berpesan agar lulusan perguruan tinggi dituntut untuk mengubah pola pikir mereka, dari konservatif menuju pola pikir yang kreatif dan inovatif.

"Alumni harus berani keluar dari zona nyaman dan mengambil risiko-risiko besar dalam mencoba. Mereka yang berani mencoba umumnya akan lebih berkembang, dibandingkan mereka yang lebih memilih diam karena takut keluar dari zona nyaman," katanya.

Ia menambahkan wisudawan periode Agustus-Oktober 2019 akan dilepas dalam dua gelombang yaitu Jumat, 1 November 2019 dan Sabtu (2/11).

Ia menyebutkan hingga saat ini jumlah keseluruhan  alumni Unsyiah menjadi 128.769 orang, di mana sebahagian besarnya adalah lulusan Program Sarjana (S1).


Baca juga: Sisi gelap dan terang era digital
 

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019