Gorontalo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum di tiga kabupaten di Provinsi Gorontalo secara bergantian meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

"Peluncuran tahapan Pilkada serentak diawali di Kabupaten Pohuwato pada Jumat (1/11), pagi tadi (2/11) di Kabupaten Bone Bolango dan malam nanti di Kabupaten Gorontalo," ujar Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, di Gorontalo, Sabtu.

Baca juga: Ketua KPU Gorontalo: Data "by pass" dan hitung manual sama

Pihaknya terus mengintensifkan koordinasi, monitoring, dan supervisi.

Disamping menegaskan tiga poin penting kepada tiga KPU Kabupaten tersebut. Yaitu, penyelenggaraan Pilkada serentak ini, diminta tiga KPU Kabupaten tersebut, agar memperdalam penguasaan regulasi dan teknis seluruh tahapan.

Mereka pun diharapkan melakukan perencanaan yang matang, baik teknis penyelenggaraan maupun pengelolaan keuangan.

Serta diharapkan intensif melakukan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh satuan kerja (satker) terkait.

Fadlyanto pun berpesan agar tiga KPU Kabupaten tersebut, senantiasa berpedoman pada asas penyelenggara maupun penyelenggaraan Pemilu/Pilkada, serta tetap mengedepankan "KPU MELAYANI".

Mantan Ketua KPU Gorontalo Utara itu berharap, dalam penyelenggaraan Pilkada serentak di tiga kabupaten tersebut, agar masing-masing KPU Kabupaten, terus memegang pedoman pengelolaan anggaran.

Yaitu, asas efektifitas, efisiensi, proporsionalitas, transparansi dan akuntabilitas.

"Kita menargetkan penyelenggaraan seluruh tahapan Pilkada serentak 2020, di Provinsi Gorontalo, berlangsung sukses berkualitas dan aman khususnya pada hari pemungutan suara nanti," ungkap Fadlyanto.
Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem pada peluncuran Pilkada serentak 2020, di Kabupaten Pohuwato.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2019