Mataram (ANTARA) - Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) 2, HM Syamsul Luthfi optimistis olahraga sepak bola Tanah Air akan mengalami kemajuan dengan terpilihnya Mochamad Iriawan menjadi Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

"Saya pikir Iwan Bule adalah sosok yang tepat untuk memimpin PSSI saat ini," kata Syamsul Luthfi dihubungi di Mataram, Sabtu.

Seperti diketahui, Mochamad Iriawan yang akrab disapa Iwan Bule terpilih menjadi Ketua Umum PSSI setelah mendapatkan 82 suara dari 86 voter dalam Kongres Pemilihan Ketua PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Pelatih Persib harap Ketua PSSI baru bawa perubahan

Menurut Syamsul Luthfi yang juga mantan Ketua Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Provinsi Nusa Tenggara Barat itu, PSSI membutuhkan figur pemimpin yang tegas untuk menuntaskan berbagai persoalan yang mendera organisasi sepak bola Indonesia, sehingga belum meraih kemajuan signifikan.

Syamsul Luthfi menilai, Iwan Bule selama ini dikenal sebagai Jenderal Polisi yang cukup tegas dalam menjalankan tugas pengabdiannya di Polri.

Karena itu, Syamsul Luthfi menaruh harapan besar PSSI di bawah kepemimpinan Iwan Bule akan mengalami perubahan besar untuk kemajuan olahraga sepak bola Indonesia.

Baca juga: Arif Wicaksono terima kekalahan dari Iwan Bule

Politisi Partai NasDem ini menyebutkan beberapa pekerjaan rumah (PR) PSSI yang harus segera dituntaskan jika ingin olahraga sepak bola Indonesia mengalami kemajuan.

Beberapa PR yang disebutkan pemerhati sepak bola Indonesia itu di antaranya, pembenahan manajemen internal PSSI, memberantas mafia bola terkait match fixtcing, pengaturan dan pengendalian suporter, pembinaan atlet secara berjenjeng dari usia dini sampai senior, dan menggali dana abadi dengan melibatkan semua pihak yang peduli sepak bola.

Syamsul Luthfi berharap, ketegasan Iwan Bule yang lebih banyak bertugas dalam reserse saat pengabdian di Polri bisa sesegera mungkin menuntaskan segala persoalan PSSI.

Bagi Syamsul Luthfi, sosok Iwan Bule telah lama dikenalnya. Bahkan, kerap melakukan komunikasi, koordinasi maupun kerjasama dengan Iwan Bule saat menjabat sebagai Kapolda NTB. Dan Syamsul Luthfi saat itu menjabat sebagai Wakil Bupati Lombok Timur.

"Selamat bertugas Bang Iwan Bule, semoga mampu membawa perubahan PSSI dan kemajuan bagi sepakbola Indonesia," katanya.

Baca juga: Mochamad Iriawan ketua umum PSSI periode 2019-2023

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019