Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berupaya mencegah terjadinya peningkatan kasus stunting atau kekerdilan yang sekarang ini masih cukup banyak ditemukan terutama di daerah pelosok dengan menggalakkan program gemar makan ikan.

"Masalah stunting salah satu penyebabnya kurangnya asupan gizi dan protein yang baik mulai dari dalam kandungan dan masa balita, melihat tingginya kadar gizi dan protein pada ikan dan harganya terjangkau, program gemar makan ikan akan lebih digalakkan," kata Gubernur Sumsel Herman Deru di Palembang, Selasa.

Masyarakat di provinsi ini akan terus didorong untuk gemar mengkonsumsi ikan, sehingga bisa mempertahankan tingkat konsumsi ikan masyarakat yang berada pada posisi cukup tinggi sekitar 40 kilogram/kapita/tahun dan mengatasi masalah "stunting".

Baca juga: Anak susah makan diberi perhatian khusus agar terhindar stunting

Untuk mempertahankan tingkat konsumsi ikan tersebut, pihaknya berupaya menggalakkan program gemar makan ikan dan mendorong kegiatan budidaya ikan sehingga produksi ikan terus meningkat dan harganya terjangkau.

Produksi ikan perlu terus ditingkatkan untuk mengimbangi peningkatan konsumsi ikan masyarakat, jika sampai produksi menurun akan mempengaruhi harga di pasaran dan masyarakat bisa beralih mengkonsumsi daging ayam, sapi, atau makanan lainnya, katanya.

Tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumsel yang tinggi sekarang ini perlu dipertahankan karena ikan merupakan jenis makanan sehat yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, kaya vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh tetap sehat, serta sumber penting asam lemak omega tiga.

Baca juga: Menteri Edhy: KKP siap perangi stunting

Dengan mengkonsumsi jenis makanan sehat itu selain dapat mengatasi masalah 'stunting" dan gangguan kesehatan lainnya, diharapkan pula dapat meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) daerah ini sesuai dengan target yang diharapkan.

Guna memotivasi masyarakat provinsi ini terus mengkonsumsi ikan lebih banyak lagi agar tingkat konsumsi ikan bisa dipertahankan bahkan lebih tinggi, pihaknya berupaya lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai manfaat mengkonsumsi ikan bagi kesehatan.

Manfaat mengkonsumsi ikan di antaranya dapat mengurangi depresi, mencegah terserang penyakit jantung, dan memenuhi kebutuhan nutrisi yang dapat mencerdaskan otak, kata gubernur.

Baca juga: Muhadjir koordinasikan penanganan stunting dengan kementerian lain
Baca juga: Menko PMK dengarkan masukan dokter atasi masalah kekerdilan
Baca juga: Papua jadi model penanganan kekerdilan di Indonesia

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019