Dengan rampungnya dermaga di pelabuhan ini, maka kapal pesiar berukuran panjang sudah bisa sandar...
Mataram (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III telah rampung membangun Pelabuhan Gili Mas, Nusa Tenggara Barat (NTB), sehingga kapal pesiar Sun Princess dapat bersandar di dermaga dengan panjang 440 meter itu.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto di Lombok, NTB, Selasa, mengatakan hari ini kapal pesiar Sun Princess dengan Length Overall (LOA) 261 meter, lebar 32 meter, bobot mati 77,441 GT, membawa 1.988 penumpang dan 862 kru.

"Dengan rampungnya dermaga di pelabuhan ini, maka kapal pesiar berukuran panjang sudah bisa sandar, karena sebelumnya kapal-kapal pesiar dengan panjang lebih dari 250 meter belum bisa sandar di Pelabuhan Lembar saat mengunjungi Pulau Lombok," katanya.

Lebih lanjut Putut Sri mengatakan dengan pembangunan dermaga ini, maka kapal pesiar dengan panjang lebih dari 300 meter bisa langsung bersandar di dermaga sehingga wisatawan tidak perlu lagi menggunakan sekoci untuk mencapai daratan seperti yang selama ini dilakukan di Pelabuhan Lembar.

"Hari ini sekaligus kita merayakan kedatangan kapal pesiar berbendera Bermuda tersebut berlayar dari Fremantle, Australia dan merupakan kapal perdana yang sandar di dermaga Gili Mas, setelah itu menuju Pelabuhan Kelang, Malaysia," ujarnya.

Ia mengatakan kunjungan kapal pesiar dari luar negeri langsung ke Pulau Lombok ini sangat bagus, menunjukkan antusiasme operator kapal pesiar dan penumpangnya ingin berwisata di Bumi Gora. Selama di Lombok, para wisatawan akan mengunjungi beberapa objek wisata di antaranya ke Taman Narmada, pusat kerajinan Cukli Sayang-Sayang, Lingsar, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Museum, Desa pengrajin tenun Sukarara, Desa Sade, kerajinan gerabah Banyumulek, dan Mandalika.

"Pelindo III mendukung pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang dipersiapkan sebagai kawasan pariwisata unggulan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Gili Mas sudah siap mengambil peran sebagai pintu gerbang wisatawan melalui laut," ucapnya.

Baca juga: Gubernur Bali harapkan penataan Benoa dongkrak kunjungan kapal pesiar

 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019